?Prudential Dorong Lebih Banyak Pengusaha Muda di Papua. (FOTO: dok Prudential)
?Prudential Dorong Lebih Banyak Pengusaha Muda di Papua. (FOTO: dok Prudential)

Prudential Dorong Lebih Banyak Pengusaha Muda di Papua

Ekonomi Prudential Indonesia
Eko Nordiansyah • 03 Mei 2019 14:28
Jakarta: PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) mendorong agar lebih banyak lagi pengusaha muda yang ada di Papua. Hadirnya usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) di Indonesia bagian timur ini akan mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi Papua, yang pada akhirnya juga berkontribusi terhadap perekonomian nasional.
 
"Beragam kegiatan tanggung jawab sosial telah kami jalankan selama lebih dari 18 tahun, dan sejak 2018 kami melebarkan jangkauan geografis program berkesinambungan kami dengan mendukung wilayah Indonesia Timur, khususnya Papua," kata Country CEO, Community Investment Prudential Indonesia Rinaldi Mudahar dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, 3 Mei 2019.
 
Salah satu program untuk mendorong pengusaha muda di Papua, Prudential bekerja sama dengan Prestasi Junior Indonesia (PJI) melaksanakan inaugurasi 60 orang calon pengusaha muda peserta program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda gelombang pertama. Program Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda ini sejalan dengan fokus perusahaan yaitu 'We DO Good'.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan, inisiatif Community Investment Prudential Indonesia ini akan memberdayakan dan menyejahterakan komunitas secara berkelanjutan selama tiga tahun ke depan. Program ini menerapkan kurikulum internasional yang telah diimplementasikan di lebih dari 100 negara dan disesuaikan khusus untuk masyarakat Papua.
 
"Secara spesifik, sasaran yang dituju adalah akselerasi pertumbuhan ekonomi di wilayah Papua. Bersama Prestasi Junior Indonesia, sejumlah program telah mulai dijalankan, antara lain Pendidikan Kewirausahaan Kaum Muda untuk memberikan pelatihan dan pendampingan kewirausahaan khusus untuk generasi muda Papua," jelas dia.
 
Sementara itu, Chairman of the National Board Prestasi Junior Indonesia Siddharta Moersjid menjelaskan, generasi muda Jayapura sangat potensial untuk menjadi pengusaha. Tercatat ada 18 ribu UMKM di Jayapura pada tahun lalu, sehingga penting untuk mendukung tumbuhnya ekonomi kerakyatan di wilayah-wilayah seperti Papua.
 
"Untuk terus mengoptimalkan potensi ini, kita perlu melakukan pembinaan yang tepat, terpadu dan berkelanjutan. Bisnis yang dikembangkan secara konsisten tentunya dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi bagi diri sendiri, keluarga, bahkan komunitas sekitar," ungkap Siddharta.
 
Para pengusaha muda terpilih akan dibina selama sembilan bulan oleh coach PJI dan mentor pengusaha profesional melalui program kewirausahaan yang diadopsi dari Junior Achievement Worldwide di Amerika Serikat. Ke depan para peserta program diharapkan dapat memberikan efek snow ball dengan menginspirasi orang-orang di sekitarnya.
 
"Ini diharapkan mampu membantu pemerintah mencapai target pembangunan ekonomi Indonesia, salah satunya yaitu target minimal empat persen pertumbuhan pengusaha baru dari jumlah penduduk. Hal ini penting sebagai dukungan kepada Indonesia untuk masuk dalam 10 besar negara-negara ekonomi di Asia dan Indonesia Emas pada 2045," pungkas Rinaldi.
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif