KRL. Foto : MI/Barry.
KRL. Foto : MI/Barry.

KRL Rekayasa Operasi Akibat Genangan Banjir

Ekonomi banjir jakarta krl
Husen Miftahudin • 23 Februari 2020 14:59
Jakarta: PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) melakukan rekayasa operasi akibat genangan dan banjir yang merendam jalur rel di beberapa titik. Hingga pukul 05.00 WIB, jalur rel Dipo KRL Bukit Duri, Dipo Lokomotif Jatinegara, sekitar Stasiun Jatinegara, Tebet, dan Manggarai terendam banjir.
 
"PT KCI memohon maaf atas kendala perjalanan yang terjadi di sejumlah lintas pelayanan KRL pada hari ini. Kendala tersebut terjadi akibat genangan air maupun banjir di sejumlah wilayah di DKI Jakarta hingga menggenangi jalur rel di beberapa titik," kata Vice President Corporate Communications PT KCI Anne Purba dalam keterangan resminya, Jakarta, Minggu, 23 Februari 2020.
 
Akibat genangan tersebut, PT KCI dan PT KAI Daop 1 Jakarta melakukan rekayasa pola operasi sebagai berikut:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


- Lintas Bogor/Depok/Nambo-Angke/Jatinegara PP: perjalanan hanya sampai Stasiun Manggarai.
 
- Lintas Bogor/Depok-Jakarta Kota PP; Lintas Bekasi/Cikarang-Jakarta Kota PP; Lintas Rangkas Bitung/Maja/Parungpanjang/Serpong - Tanah Abang PP; Lintas Tangerang - Duri PP; dan Lintas Tanjung Priok - Jakarta Kota PP perjalanan KRL hingga pukul 05.00 masih terpantau normal.
 

Para pengguna KRL diimbau merencanakan perjalanannya mengingat informasi banjir di sejumlah wilayah tersebut. "Petugas di Stasiun maupun KRL akan senantiasa menyampaikan informasi terkini mengenai perjalanan KRL."
 
Sebelumnya, banjir mengepung Jakarta imbas hujan deras sejak dini hari tadi. Sejumlah titik genangan masih terpantau di beberapa lokasi hingga pagi ini.
 
Berdasarkan laporan Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya, Minggu, 23 Februari 2020, genangan air cukup tinggi berada di underpass Matraman, Jalan Matraman Raya, Jakarta Timur. Air menggenang setinggi 60-80 sentimeter (cm) berdasarkan pantauan hingga pukul 07.43 WIB.
 
"07:43 Banjir 60-80 cm di Underpass Matraman Jl. Matraman Raya Jakarta Timur, sementara tidak bisa dilintasi semua jenis kendaraaan bermotor," kicau akun @TMCPoldaMetro, Minggu, 23 Februari 2020.
 
Banjir setinggi 60 cm juga terpantau di Jalan Raya Cakung-Cilincing Barat. Tepatnya, di JGC Aeon Mall yang mengarah ke Kawasan Berikat Nusantara (KBN). Lokasi itu sementara ini hanya bisa dilintasi kendaraan besar.
 
Jalan Yos Sudarso, Jakarta Utara, juga tergenang banjir 50 cm. Titik banjir berada di turunan flyover pos empatMall of Indonesia (MOI). Kendaraan sejenis sedan diimbau tidak melintas.
 
Air setinggi 50 cm dilaporkan menggenangi kawasan Asrama Polisi Pondok Karya di Jalan Tendean Jakarta Selatan. Akibatnya, arus lalu lintas dialihkan sementara.
 
Jalan Kemang Utara 9 juga tergenang banjir setinggi 60-120 cm. Titik banjir berada di depan Pasar Jagal. Lokasi itu tak bisa dilintasi semua jenis kendaraan bermotor untuk sementara waktu.
 
Pengendara yang hendak melintas di pintu keluar tol Cempaka Putih juga perlu berhati-hati. Sebab, lokasi yang berada di Jalan Ahmad Yani itu masih tergenang air setinggi 30 cm hingga pukul 07.28 WIB.
 
(SAW)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif