Batik Air. Foto : Medcom/Hendrik S.
Batik Air. Foto : Medcom/Hendrik S.

Batik Air Datangkan Pesawat Airbus A320neo

Ekonomi batik air Airbus
Hendrik Simorangkir • 06 Februari 2020 17:29
Tangerang: Maskapai Batik Air datangkan pesawat Airbus A320neo dari Toulouse, Prancis. Kedatangan pesawat berbadan sedang (narrow body) itu diperkenalkan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang.
 
Chief Executive Officer Batik Air, Capt. Achmad Luthfie mengatakan pesawat bernomor registrasi PK-BDF itu merupakan salah satu dari lima armada yang akan datang pada tahun ini.
 
"Ini merupakan program peremajaan armada yang kami miliki. Ini (A320neo) yang pertama dari lima pesawat yang akan didatangkan pada Agustus 2020. Jadi yang lima itu, dua jenis A321 yang lebih besar dan tiga jenis A320," ujarnya di Terminal 1 A Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis, 6 Februari 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Luthfie menuturkan pesawat baru itu memiliki fitur dan keunggulan yang lebih baik dari generasi sebelumnya seperti A320ceo. Mulai dari tempat duduk hingga tingkat kebisingan di dalam kabin jauh lebih rendah dari pendahulunya.
 
"Pesawat ini memiliki slim seat model terbaru dan kursi lebih ergonomis. Teknologinya juga paling anyar dan ketika duduk kaki kita lebih lapang dibanding pesawat-pesawat lainnya. Untuk business class, armrest (sandaran lengan) dapat dilipat sehingga lebih nyaman ketika terbang jarak jauh," ungkapnya.
 
Ia menjelaskan pesawat jenis A320neo berkapasitas 156 seat dengan konfigurasi kursi lorong tunggal (single aisle) berkapasitas 12 kelas bisnis dan 144 kelas ekonomi ini juga disebut hemat bahan bakar. Bahkan, lanjutnya, dapat digunakan untuk penerbangan jarak jauh (long distance).
 
"Hemat bahan bakar, mempunyai jarak tempuh lebih jauh, perbandingan bahan bakarnya hingga 900 km atau satu jam penerbangan dari generasi sebelumnya,," jelasnya.
 
Rencananya, Luthfie menambahkan pesawat jenis A320neo tersebut digunakan untuk melayani rute domestik seperti melayani wilayah Indonesia Timur. Sementara tujuan Internasional akan digunakan untuk melayani penerbangan rute Jepang dan Korea.
 
"Kita rencananya untuk penerbangan jauh seperti ke Manado dan Papua akan kita pergunakan. Pertimbangannya lebih efisien jadi lebih baik untuk penerbangan jauh," katanya.
 
Luthfie menambahkan rute luar negeri juga akan ditambah ke beberapa negara dengan menggunakan pesawat jenis A320neo.
 
"Rencana penerbangan ke Vietnam, kemudian Filipina, dan kemudian akan menambah frekuensi penerbangan ke Australia lewat Melbourne," tutupnya.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif