Meskipun begitu, aku dia, brand tenun lokal mampu menembus pasar dunia. Pasalnya tenun Indonesia memiliki keunggulan tersendiri dibandingkan produk-produk internasional.
"Kalau kita belajar dari merek-merek global yang telah sukses dipasarkan, salah satu strategi pemasarannya ialah mengedepankan nilai atau value. Jadi tidak sekadar material produk tersebut," ujar Saleh, saat mengunjungi sentra tenun Lombok seperti keterangan tertulisnya, Lombok, Jumat (5/6/2015).
Ia menambahkan, untuk tenun khas Lombok nilai yang dapat diunggulkan untuk memperkuat brand adalah dengan proses produksi yang menggunakan pewarna alami. Hal ini sesuai dengan tren peduli lingkungan. Menurut dia, unsur eksklusivitas melalui produksi tenun Lombok dengan produksi manual membuat kerajinan tenun tradisional ini memiliki unsur craftsmanship yang kuat.
Keunggulan itu, lanjut Saleh, harus terus dipromosikan secara luas. "Selain mengikuti pameran di level nasional dan internasional, perajin dapat menggunakan laman atau website untuk menjangkau dan berinteraksi langsung dengan peminat kain tenun Lombok di seluruh dunia," pungkas Saleh.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id