Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi - - Foto: Medcom.id/ Annisa Ayu
Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi - - Foto: Medcom.id/ Annisa Ayu

Mulai 1 Maret Beli Tiket Kapal Harus Online

Ekonomi kapal asdp
Annisa ayu artanti • 06 Februari 2020 14:29
Jakarta: PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) berencana menerapkan pembelian atau reservasi tiket kapal secara online mulai bulan depan. Per 1 Maret 2020, pembelian tiket go show tidak berlaku lagi.
 
Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi menyampaikan kebijakan tersebut merupakan rencana perusahaan untuk bertransformasi secara digital.
 
"Kita ubah per 1 Maret tidak ada lagi go show, semua harus reservasi online," kata Ira di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis, 6 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Melalui reservasi online, semua data-data penumpang akan langsung terintegrasi, begitu juga manifest yang sebelumnya dibuat manual. Selain itu, penerapan reservasi online juga meminimalisir loss revenue akibat calo.
 
Adapun penerapan reservasi online ini akan dilakukan pertama kali di empat pelabuhan utama yang dikelola perusahaan yakni Merak, Bakaheuni, Ketapang, dan Gilimanuk.
 
Pembelian tiket kapal online itu, lanjut Ira bisa dilakukan melalui website ASDP dan merchant yang bekerja sama dengan perusahaan seperti Alfamart dan Kantor Pos.
 
"Saat ini kita menggunakan website sendiri plus gerai offline seperti Alfamart," sebut dia.
 
Demi memudahkan calon penumpang mendapatkan tiket kapal kedepannya, ASDP membuka kerja sama dengan beberapa online travel agen seperti Traveloka dan Tiket.com.
 
Sementara mengenai sistem pembayaran tiket online tersebut, Ira menambahkan sejauh ini ASDP baru menerima pembayaran tiket melalui Link Aja dan kartu-kartu bank Himbara.
 
"Sekarang baru Link Aja dan kartu kartu Himbara. Kan digitalisasi sebuah sistem yang panjang. ini baru mulai," pungkas dia.
 
(Des)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif