Illustrasi. Dok : MI.
Illustrasi. Dok : MI.

Pemerintah Jokowi Tegas terhadap Perusahaan Tambang Tanpa Reklamasi

Ekonomi joko widodo
Suci Sedya Utami • 18 April 2019 07:24
Jakarta: Pemerintah Presiden Joko Widodo berkomitmen terhadap keberlangsungan lingkungan hidup dari dampak kegiatan pertambangan yang dilakukan di Tanah Air.
 
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menegaskan pemerintahan saat ini concern terhadap dampak yang ditimbulkan dari kegiatan tambang. Oleh karenanya pemerintah pun mewajibkan adanya reklamasi.
 
"Selama saya bertugas di ESDM sih kita firm, saya sudah buat perturan kalau tidak ada komitmen misalnya jaminan reklamasi maka kita enggak akan layani" kata Jonan ditemui di kawasan Cipete, Jakarta Selatan, Rabu, 17 April 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya mengatakan pemerintah tidak akan melayani seluruh perizinan tambang perusahaan jika perusahaan pemegang konsesi tambang tersebut tidak melakukan reklamasi dan konservasi lingkungan sesuai peraturan yang berlaku.
 
Mandat mengenai reklamasi tambang dan kegiatan pascatambang telah ditegaskan dalam Peraturan Menteri ESDM Nomor 26 Tahun 2018 tentang pelaksanaan kaidah pertambangan yang baik dan pengawasan pertambangan mineral dan batu bara di pasal 22. Serta Peraturan Menteri ESDM Nomor 34 Tahun 2017 tentang perizinan di bidang pertambangan mineral dan batu bara pasal 26.
 
"Arahan presiden juga begitu, saya yakin Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) juga mendorong hal yang sama. Saya harap LHK juga jauh lebih keras untuk penegakan hukum," tutur dia.
 
Sementara terkait dengan kegiatan pertambangan ilegal, Jonan meminta pemerintah daerah untuk menertibkan kegiatan tersebut. Ia juga sudah berkirim surat dengan Polri dan Menkopolhukam untuk menegakkan hukum bagi tambang-tambang ilegal.
 
"Kalau tambang-tambang ilegal dibiarkan menurut saya lingkungan hidupnya akan berantakan," jelas mantan Menteri Perhubungan ini.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif