Ilustrasi. (FOTO: dok MI)
Ilustrasi. (FOTO: dok MI)

Bank Bukopin Yakin Kinerja Bisnis Tahun Ini Moncer

Ekonomi bank bukopin
Eko Nordiansyah • 16 Mei 2019 10:53
Jakarta: PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) meyakini kinerja bisnis pada tahun ini akan moncer dibandingkan tahun lalu. Perseroan menargetkan pertumbuhan kredit hingga delapan persen ditopang oleh beberapa sektor yang diprediksi mengalami pertumbuhan setelah pemilihan umum (Pemilu) 2019.
 
Direktur Keuangan Bank Bukopin Rachmat Kaimuddin mengatakan sektor konsumer dan usaha kecil dan menengah (UKM) akan mengalami pertumbuhan di sisa tahun ini. Kedua sektor ini memang menjadi andalan Bank Bukopin, di mana tahun lalu penyaluran kredit UKM merupakan yang terbesar.
 
"Kami lebih optimistis ya. Walapun komersil flat, tapi kami lihat segmen ritel itu justru naik, kami optimis akhir tahun (pertumbuhan kredit bisa mencapai) delapan persen," kata Rachmat dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis, 16 Mei 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk mendukung rencana tersebut, Bank Bukopin berencana menerbitkan sejumlah surat utang pada tahun ini. Salah satunya perseroan menerbitkan Kontrak Investasi Kolektif Efek Berangun Aset (KIK EBA) senilai Rp1 triliun, yang diharapkan bisa efektif pada Juli mendatang.
 
"Sekarang lagi tunggu proses rating dan nanti masukkan ke OJK. Kami inginnya ada bonds juga, tapi itu di kuartal IV karena kami mau audit buku di Juni dulu. Kalau total yang direncanakan dari berbagai surat utang itu Rp3 triliun," jelas dia.
 
Sementara untuk menggenjot bisnis kartu kredit, Bank Bukopin memberikan berbagai program promosi. Perseroan memiliki program 'Top Spender Terbang Gratis ke Tokyo' bagi nasabah yang bertransaksi selama berlangsungnya program ini mulai dari 15 Mei-31 Desember 2019.
 
"Kami berharap program kartu kredit Bank Bukopin dapat disambut secara antusias oleh nasabah," kata Kepala Divisi Kartu Kredit dan Merchant Bank Bukopin Rudi Satriadi.
 
Adapun anak usaha Bukopin, yaitu PT Bank Syariah Bukopin (Bukopin Syariah) juga memberikan fasilitas berupa program Airport Executive Lounge Free bagi nasabah Tabungan iB Siaga dan iB Siaga Bisnis. Langkah ini diharapkan bisa mendorong porsi dana murah (CASA) perseroan.
 
"Program ini darapkan dapat meningkatkan sumber dana murah serta menambah customer base. Saat ini terdapat 26 airport executive lounge di 19 Bandara yang sudah bekerja sama," kata Direktur Utama Bukopin Syariah, Saidi Mulia Lubis.
 
Selain itu, Bukopin Syariah juga memiliki tabungan haji setelah ditunjuk Kementerian Agama menjadi Bank penerima setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH). Bagi nasabah yang ingin mendaftarkan dirinya bisa membuka tabungan iB Siaga Haji dengan setoran awal sebesar Rp25 juta.
 
"Bukopin Syariah memiliki 22 outlet untuk melayani pembayaran setoran haji, 97 layanan bank syariah dan nantinya akan ditambah lagi dengan layanan syariah Bank Bukopin yang siap melayani setoran haji sebelum akhir 2019," pungkas dia.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif