Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto : Medcom/Ilham Wibowo.
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto : Medcom/Ilham Wibowo.

Virus Korona Ganggu Pariwisata,

RI Andalkan Wisatawan Lokal

Ekonomi pariwisata
Eko Nordiansyah • 03 Februari 2020 20:44
Jakarta: Pemerintah akan mengandalkan wisatawan dalam negeri untuk mendongkrak pariwisata. Pasalnya pariwisata Indonesia diprediksi bakal terpengaruh oleh penyebaran virus korona dari Tiongkok.
 
"Kita akan mendorong wisata dari dalam negeri," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Senin, 3 Februari 2020.
 
Dirinya menambahkan penurunan sektor pariwisata karena virus korona tidak hanya terjadi di Indonesia. Oleh karena itu, Airlangga menilai pemberian insentif bagi wisatawan seperti yang dilakukan oleh Singapura dan Thailand tidak tepat.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sekarang, bukan terkait insentif, ini kan terkait dengan virus outbreak. Jadi bukan karena insentif. Wisatawan ya, secara global akan menurun," ungkap dia.
 
Pemerintah juga akan menyiapkan sejumlah kebijakan antisipasif untuk mencegah masuknya virus korona. Saat ini pemerintah menghentikan sementara kebijakan bebas visa bagi warga negara Tiongkok.
 
Menurut Airlangga, pemerintah akan mengambil kebijakan yang terkait dengan keimigrasian sebagai lanjutan dari penghentian sementara turis dari Tiongkok. Namun hal ini baru akan diumumkan setelah rapat lanjutan pada esok hari.
 
"Besok juga akan diumumkan. Jadi akan ada kebijakan-kebijakan terkait dengan keimigrasian. Tapi baru besok diumumkan," pungkasnya.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif