Indonesia Eximbank Salurkan Pembiayaan Ekspor Rp108,7 Triliun
Direktur Eksekutif Indonesia Eximbank Sinthya Roesly. (FOTO: Medcom.id/Eko Nordiansyah)
Jakarta: Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank mencatatkan penyaluran pembiayaan sebesar Rp108,7 triliun sejak berdiri pada 2009 lalu. Saat itu pembiayaan Indonesia Eximbank hanya Rp9,2 triliun atau telah mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan sampai dengan saat ini.

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kemanfaatan LPEI bagi bangsa dan negara," kata Direktur Eksekutif Indonesia Eximbank Sinthya Roesly di Kantor Kementerian Keuangan, Jalan Wahidin Raya, Jakarta Pusat, Senin, 24 September 2018.

Namun demikian, Sinthya menyebut, Indonesia Eximbank tak bisa berjalan sendiri mendorong ekspor nasional. Oleh karena itu, dirinya berharap kehadiran dan dukungan para stakeholders dalam mendukung revitalisasi peran Indonesia Eximbank.

Sementara itu, total debitur Indonesia Eximbank mencapai 1.288 entitas atau mengalami kenaikan dari hanya 77 entitas pada 2009. Sedangkan untuk koresponden bank atau institusi yang telah bekerja sama dengan LPEI mencapai 384 institusi, naik dari 2009 yang hanya 200 institusi.

Dirinya menambahkan, kinerja tersebut mendorong kenaikan aset Indonesia Eximbank dari Rp12,9 triliun pada 2009 menjadi Rp119,9 triliun saat ini. Dengan upaya mendorong ekspor Indonesia lebih tinggi lagi, Indonesia Eximbank akan terus berupaya meningkatkan kemampuan dan pembiayaan eksportir.

"Ekspor barang dan jasa harus didorong untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi. Agar tumbuh secara berkelanjutan, aktivitas ekspor harus didasarkan pada adanya daya saing yang menyebabkan produk terus diminati oleh pasar global," pungkas dia.

 



(AHL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id