Criteo: Mainan Laris Manis saat Ramadan 2017
Criterio. Medcom/Kautsar.
Jakarta: Criteo yang merupakan Perusahaan teknologi pemasaran niaga, menjelaskan hasil penemuan terbaru terkait tingginya kategori mainan sebagai salah satu produk yang diminati saat Ramadan 2017.

Kategori mainan menempati porsi yang cukup tinggi di Indonesia hingga 91 persen. Lalu disusul dengan kategori rumah dan tempat tinggal 39 persen, kemudian kesehatan dan kecantikan 35 persen, sedangkan produk elektronik yang digandrungi saat Lebaran justru dengan persentase 24 persen.

Manajer Umum Criteo Asia Tenggara, Hong Kong dan Taiwan Alban Villani, menjelaskan peningkatan terjadi dua minggu hingga tiga minggu sebelum Lebaran. Kenaikan ini karena kenaikan upah yang mendorong peningkatan pembelian.

"Mungkin karena untuk hadiah, kenaikanya lebih ke volume bukan harga," ujarnya di Gedung Sentrajaya, Jakarta, Kamis, 26 April 2018.

Ia menilai kenaikan tersebut tidak hanya ada di Indonesia, melainkan kawasan Asia Tenggara juga mengalami kenaikan pada mainan dan permainan dengan persentase 62 persen, lalu kesehatan dan kecantikan 53 persen, dan elektronik bersama kebutuhan rumah tinggal 42 persen.

Ia menambahkan peningkatan penjualan online selama Ramadan akan meningkat baik di Indonesia yang mencapai 80 persen serta kawasan Asia Tenggara 52 persen. Peningkatan terjadi pada dua hingga tiga minggu sebelum Ramadan. Kemudian secara perlahan angkanya akan menyusut pada empat hari setelah Lebaran.

"Delapan hari sebelum Lebaran akan menurun, mulai meningkat tiga hari sebelum Lebaran hingga menurun empat hari setelah Lebaran. Pengiklan harus meningkatkan kampanye sesuai dengan marketnya," tuturnya.

Melalui mobile phone di Indonesia peningkatan penjualan maksimal sebesar 40 persen terjadi dua minggu setelah Idulfitri, sedangkan penjualan melalui komputer desktop secara signifikan tetap lebih rendah daripada rata-rata.

Temuan Criteo juga menggarisbawahi perlunya para peritel mengoptimalkan aplikasi dan situs mobile mereka untuk meningkatkan penjualan ritel dan pemesanan perjalanan selama Ramadan.



(SAW)