Ilustrasi. FOTO: MI/Ramdani.
Ilustrasi. FOTO: MI/Ramdani.

Sarana Multi Infrastruktur Siap Dialihkan Jadi LPPI

Ekonomi sarana multi infrastruktur
Nia Deviyana • 11 Oktober 2019 16:29
Jakarta: PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) mengaku siap untuk dialihkan menjadi Lembaga Pembiayaan Pembangunan Indonesia (LPPI).
 
Direktur Utama PT SMI Edwin Syahruzad mengatakan hal tersebut bakal membuat perusahaan pelat merah itu lebih dipercaya oleh investor.
 
"Kalau ada UU khusus (LPPI), cara pandang investor tentu akan lebih yakin lagi. Untuk ini kita siap. Terlebih karena ada Kementerian Keuangan di belakang kami yang memberi dukungan," ujarnya di Kepulauan Seribu, Kamis, 10 Oktober 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Edwin menuturkan saat ini PT SMI memiliki kredibilitas tinggi dengan Peringkat AAA. Sehingga dengan dialihkannya menjadi LPPI, PT SMI memiliki payung hukum yang kuat dan sektor pembiayaan yang lebih luas.
 
"Tidak hanya meliputi pembiayaan pembangunan infrastruktur tapi juga sektor lain seperti industri, pertanian, dan maritim," ungkapnya.
 
Pada Juli lalu, lanjut Edwin, rancangan Undang-Undang (RUU) peralihan PT SMI sedang dalam tahap harmonisasi dan sudah masuk ke dalam Kerangka Regulasi Badan Pembangunan Nasional (Bappenas) sejak diusulkan pada 2016.
 
Hingga September 2019, PT SMI telah mendukung pembiayaan berbagai proyek RPJMN (Rencana Proyek Jangka Menengah Nasional) di antaranya, Proyek Prioritas Nasional dan Proyek Strategis Nasional dengan total komitmen sebesar Rp45,9 triliun dan total nilai proyek sebesar Rp247,2 triliun.
 
Pembiayaan tersebut, terbagi dalam berbagai proyek antara lain Jalan Tol Trans Sumatera (Medan-Binjai, Palembang-Indralaya, Bakauheni-Terbanggi Besar), Jalan Tol Trans Jawa (Pejagan-Pemalang, Semarang-Solo, Solo-Ngawi, Ngawi-Kertosono, Surabaya-Mojokerto, Jakarta-Cikampek II, Cikopo-Palimanan), proyek telekomunikasi Palapa Ring Paket Tengah, serta proyek Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Umbulan.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif