Presiden Direktur PT. Astra Daihatsu Motor Tetsuo Miura (kiri) bersama Chief Executive PT Astra International- Daihatsu Sales Operation Supranoto (kanan). Foto: Antara/Foto Terbit
Presiden Direktur PT. Astra Daihatsu Motor Tetsuo Miura (kiri) bersama Chief Executive PT Astra International- Daihatsu Sales Operation Supranoto (kanan). Foto: Antara/Foto Terbit

Penjualan Mobil Astra Melambat

Ekonomi penjualan mobil astra international
Annisa ayu artanti • 14 November 2019 18:52
Jakarta: PT Astra International Tbk (ASII) mencatat volume penjualan mobil bulan Oktober 2019 sebesar 51.280 unit, turun 14,34 persen dibandingkan penjualan tahun lalu yang mencapai 59.866 unit.
 
Berdasarkan data perusahaan yang dikutip Medcom.id, Kamis, 14 November 2019 penjualan mobil Astra bulan Oktober 2019 juga lebih rendah dibandingkan bulan lalu yaitu yang mencapai 51.677 unit.
 
Adapun merk kendaraan yang paling laris dijual pada Oktober 2019 adalah Toyota sebanyak 31.142 unit, Daihatsu sebanyak 17.530 unit, Isuzu sebanyak 2.841 unit, UD Trucks sebanyak 112 dan Peugeout sebanyak 15 unit.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara untuk penjualan mobil segmen LCGC Oktober 2019 perusahaan mencatat sebanyak 14.707 unit.
 
Head of Investor Relation Astra International Tira Ardianti mengatakan, penurunan penjualan pada Oktober 2019 ini biasa terjadi untuk mengatur stok di dealer.
 
"Turunnya sedikit sekali, normal saja. Biasanya untuk mengatur stok di dealer juga agar stok terjaga pada level yang sehat," kata Tira kepada Medcom.id, Kamis, 14 November 2019.
 
Namun tak bisa dipungkiri, lanjut Tira, penjualan mobil tahun in memang tidak sebaik tahun lalu. Beberapa penyebabnya adalah pertumbuhan ekonomi yang melambat, harga komoditas yang turun, daya beli yang lemah serta konsumsi domestik yang turun.
 
"Karena penjualan mobil tahun ini tidak sebaik tahun lalu," ucap dia.
 
Ia mengungkapkan, tahun lalu segmen komersial masih tumbuh karena harga batu bara dan harga minyak sawit masih bagus. "Tahun ini kan turun semua," sebut dia.
 
Dalam data penjualan juga menyebutkan, meski mengalami penurunan penjualan, pangsa Grup Astra secara nasional masih diatas 50 persen yakni 53 persen.

 

(DEV)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif