Ilustrasi pedagang ayam di pasar. (FOTO: Medcom.id/Lis Pratiwi)
Ilustrasi pedagang ayam di pasar. (FOTO: Medcom.id/Lis Pratiwi)

Menko Darmin Heran Harga Ayam Bisa Anjlok

Ekonomi harga ayam
Eko Nordiansyah • 26 Juni 2019 15:53
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengaku heran dengan anjloknya harga ayam di beberapa daerah. Menurutnya pemerintah perlu mengecek terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan untuk mengantisipasi turunnya harga ayam.
 
"Saya belum tahu seperti apa kejadiannya. Saya juga bingung kenapa jadi jauh bedanya petani dengan di pasar, enggak tahu saya (penyebab harga ayam turun), harus cek dulu," kata dia di Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Rabu, 26 Juni 2019.
 
Dirinya menambahkan, penurunan harga ayam di sejumlah wilayah tidak disebabkan oleh berakhirnya momen Idulfitri. Malahan Darmin menyebut harga ayam akan mengalami kenaikan setelah Lebaran dan Ramadan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Enggak selalu, biasanya habis Lebaran, bulan puasa naik," tambah Darmin.
 
Sebelumnya harga ayam hidup di tingkat produksi hanya tinggal Rp5.000 hingga Rp10 ribu per kilogram (kg), jauh dari harga pokok produksi yang mencapai Rp18.500 per kg.
 
"Peternak unggas rakyat sudah diibaratkan menangis darah sekarang ini. Hampir 10 bulan terakhir ini menanggung derita tidak berkesudahan. Kami sudah berulang kali memohon kepada pemerintah (Kementan), tetapi tidak pernah mendapatkan respons," ungkap Ketua Perhimpunan Insan Peruggasan Rakyat Indonesia (Pinsar) Jawa Tengah, Pardjuni, kepada Media Indonesia di Solo, Selasa, 25 Juni 2019.
 
Pemerintah diharapkan bisa menekan atau membatasi produksi peternak besar bermodal asing (PMA) yang menjadi biang keterpurukan harga ayam broiler di tingkat peternak rakyat. Saat ini, kelebihan produksi atau suplai mencapai 30 persen sampai 40 persen dari kebutuhan.
 
"Kebutuhan sekitar 1,2 juta ekor per hari, tetapi sejauh ini suplai mencapai sekitar dua juta ekor. Tiap bulan tidak ada pengurangan sehingga terus menumpuk, dan membuat harga di tingkat produksi terjun bebas," tegasnya.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif