Calon tunggal Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti. Medcom/Ilham Wibowo.
Calon tunggal Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti. Medcom/Ilham Wibowo.

Destry Damayanti Lega Jalani Tes oleh DPR

Ekonomi deputi gubernur bi
Ilham wibowo • 01 Juli 2019 20:13
Jakarta: Calon tunggal Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia (BI) Destry Damayanti mengaku leg setelah dicecar beragam pertanyaan oleh anggota Komisi XI DPR RI. Ia menjalani uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test kurang lebih selama empat jam.
 
"Tegangnya sebelumnya sih, di dalam ya udah pasrah aja, pokoknya paparkan apa yang saya bisa," kata Destry usai menjalani fit and proper test di kompleks parlemen Senayan, Jakarta, Senin, 1 Juli 2019.
 
Sebagian besar pertanyaan dilontarkan berkaitan dengan bagaimana memecahkan masalah terkini dan pengembangan di sektor keuangan Tanah Air. Destry yang saat ini menjabat Anggota Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) juga menerima tudingan terkait latar belakang bidang yang hanya kompeten di bidang ekonomi mikro.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Aku kan orang ekonom, kepala ekonom, kepala ekonom kan urusannya makro tapi kan justru kepala ekonom ada di bank ada di kapital market, terus di LPS terus kita lihat baru masuk mikro karena kan lihat bank satu per satu," ujar mantan Kepala Ekonom Bank Mandiri ini.
 
Destry mengaku banyak menerima pertanyaan tak terduga dan butuh waktu panjang untuk memberikan jawaban. Teelbih, dalam kesempatan itu dirinya hanya diberikan waktu menjawab seluruh pertanyaan selama 40 menit.
 
"Bervariasi dan itu satu orang itu bisa cabangnya banyak dan kami semua harus jawab, kalau enggak tadi ada yang bikng 'kok saya enggak dijawab' padahal sebenarnya kan mungkin nyambung, tapi ya gitulah mereka kritis-kritis," ungkapnya.
 
Mantab Ketua Panitia Seleksi Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi berharap keputusan terbaik bisa diberikan anggota dewan kepada dirinya. Rencananya, Komisi XI akan membahas kelanjutan Destry dalam rapat pada Rabu, 3 Juli 2019 mendatang.
 
"Eggak tahu ya (keputusannya) pokoknya tugasku sudah selesai (menjalani fit and proper test)," tutupnya.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif