Morowali. Dok: MI.
Morowali. Dok: MI.

Industri Morowali Tetap Berjalan Pascagempa Palu

Ekonomi kawasan industri
04 Oktober 2018 15:35
Jakarta: Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengatakan kegiatan industri di Morowali, Sulawesi Tengah (Sulteng), masih terus berjalan pascagempa dan tsunami yang melanda Palu dan Donggala, Sulteng, Jumat pekan lalu.
 
Airlangga mengungkapkan lokasi salah satu pusat industri di Sulawesi itu berada cukup jauh dari daerah bencana sehingga dampak yang ditimbulkan tidak signifikan.
 
"Kegiatan pasti terdampak tetapi tidak terlalu signifikan. Kegiatan industri masih berjalan," ujar Airlangga di Jakarta, Kamis, 4 Oktober 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun satu kawasan industri yang memiliki jarak lebih dekat dengan lokasi bencana yakni Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu mengalami dampak cukup signifikan. Namun, di sana, ucap Airlangga, investasi yang ditanamkan belum terlalu besar sehingga tidak begitu mengkhawatirkan.
 
Ia juga belum dapat membeberkan berapa potensi kerugian di sektor industrial akibat bencana alam yang baru saja menimpa daerah tengah Sulawesi. Bagi pemerintah, lanjutnya, saat ini hal terpenting yang harus dilakukan adalah terus melakukan proses evakuasi dan memulihkan trauma para korban.
 
Sekretaris Dewan KEK Enoh Suharto Pranoto menyatakan tidak ada kerusakan yang cukup parah di KEK Palu. Hanya ada beberapa bangunan seperti kantor administrasi yang mengalami keretakan. Sementara, kondisi pabrik-pabrik yang terbangun masih aman.
 
Kendati demikian, kondisi infrastruktur pendukung seperti pelabuhan, bandara dan akses jalan yang rusak, tentu membuat kegiatan industri terhambat.
 

 

(SAW)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif