BJ Habibie. FOTO: MI/RAMDANI
BJ Habibie. FOTO: MI/RAMDANI

Ekonom: Habibie Berperan Tekan Praktik Monopoli

Ekonomi pertumbuhan ekonomi ekonomi indonesia Habibie Meninggal Dunia
Antara • 12 September 2019 13:04
Medan: Presiden ketiga Republik Indonesia BJ Habibie memiliki peran besar dalam perkembangan perekonomian Indonesia antara lain dengan menekan praktik monopoli dan tumbuhnya persaingan usaha tidak sehat. Kondisi itu yang akhirnya membuat ekonomi Indonesia lebih sehat sekarang ini.
 
"Di era kepemimpinan Habibie dikeluarkan UU No 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan yang Tidak Sehat dan UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen," ujar Pengamat Ekonomi Sumut Wahyu Ario Pratomo, seperti dikutip dari Antara, di Medan, Kamis, 12 September 2019.
 
Meski belum maksimal hasilnya, lanjutnya, kedua UU itu memberi banyak manfaat ke perekonomian, pemerintah dan konsumen. Adapun UU No 5 membuat KPPU berhasil menyelamatkan uang negara dan termasuk menguntungkan masyarakat dari terjadinya proyek asal jadi karena dana proyeknya tergerus oleh 'permainan'.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di sisi lain, ekonom dari Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Rusli Abdullah menilai fokus pemerintah sekarang ini untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) sejalan dengan Habibienomics.
 
"Beliau (Habibie) dikenal dengan pemikiran tentang Habibienomics, saat ini Jokowi sedang memulai konsep itu yang penekanannya pada peningkatan kualitas SDM," ujar Rusli Abdullah.
 
Ia mengatakan Habibienomics merupakan sebuah konsep ekonomi yang menekankan untuk meningkatkan keterampilan pekerja serta penguasaan teknologi tinggi. Memasuki era ekonomi berbasis digital, menurut dia, maka aplikasi Habibienomics dapat di terapkan dalam mengembangkan industri, dalam hal ini industri kreatif.
 
"Pak Habibie juga sangat visioner mengenai perekonomian," pungkasnya.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif