Menteri Perhubungan Budi Karya. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)
Menteri Perhubungan Budi Karya. (FOTO: Medcom.id/Desi Angriani)

Angkasa Pura II Dukung Wacana Gandeng Maskapai Asing

Ekonomi angkasa pura ii Maskapai Asing
Nia Deviyana • 06 Juni 2019 08:54
Jakarta: PT Angkasa Pura (AP) II mendukung wacana pemerintah untuk menggandeng maskapai asing guna menekan harga tiket. Usulan ini sebelumnya disampaikan Presiden Joko Widodo dengan harapan jika ada persaingan, harga tiket bisa turun.
 
"Pertama kami dukung sekali, sebagai operator bandara kami siap untuk itu," ujar Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin usai bersilaturahmi Lebaran di kediaman Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Jalan Widya Chandra, Jakarta Pusat, Rabu, 5 Juni 2019.
 
Awaluddin juga berpendapat bila dimungkinkan maskapai asing bisa masuk ke wilayah-wilayah perintis. "Sehingga kesetaraan itu bisa terjadi. Namun secara prinsip kami mendukung rencana pemerintah," imbuhnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kementerian Perhubungan (Kemenhub) sebelumnya akan mengkaji kompetisi dengan maskapai penerbangan asing untuk mengoreksi harga tiket pesawat. Adapun masuknya maskapai penerbangan asing akan menimbulkan permintaan dan pemenuhan kebutuhan pelanggan sehingga harga tiket pesawat berpeluang terkoreksi.
 
"Ini saran yang baik dari Presiden. Ide baik ini akan kita kaji," ujar Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di Jakarta, Selasa, 4 Juni 2019 lalu.
 
Menhub menyatakan perusahaan penerbangan asing yang akan masuk ke Indonesia harus memenuhi asas cabotage, atau bekerja sama dengan perusahaan Indonesia.
 
Budi menjelaskan, industri maskapai penerbangan Indonesia terbilang sangat ketat. Di satu sisi, banyak pemain atau perusahaan maskapai penerbangan yang terlibat. Kemudian persyaratan atau kualifikasi yang tinggi.
 
Persyaratan itu di antaranya asas cabotage yang menjadi syarat utama perusahaan asing yang tidak bisa dilanggar. Kemudian, standar keselamatan dari jenis pesawat, umur pesawat, dan rute perjalanan.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif