Illustrasi. MI/Adam Dwi.
Illustrasi. MI/Adam Dwi.

Bazar Buku Big Bad Wolf Jakarta 2019 Genjot Budaya Baca

Ekonomi budaya
Husen Miftahudin • 19 Februari 2019 21:07
Jakarta: Bazar buku Big Bad Wolf kembali hadir di Jakarta pada tahun ini dengan membawa 5,5 juta buku. Bertempat di ICE BSD, Tangerang pada 1-11 Maret 2019, buku-buku yang kebanyakan berasal dari impor itu akan dibanderol dengan harga miring.
 
Bazar Buku Big Bad Wolf Jakarta 2019 diselenggarakan oleh PT Jaya Ritel Indonesia dan disponsori Bank BCA, serta Metro TV sebagai media partner. Sebanyak 5,5 juta buku yang disajikan dalam bazar buku itu didiskon besar-besaran, mulai dari 60 persen hingga 80 persen.
 
Presiden Direktur Jaya Ritel Indonesia, Uli Silalahi berharap bazar buku Big Bad Wolf mampu mendorong minat baca masyarakat Indonesia. Merujuk data UNESCO, sebut dia, minat baca anak Indonesia hanya 0,01 persen. Hal itu menandakan bahwa dari 10 ribu anak Indonesia, hanya satu orang yang gemar membaca.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara bila dilihat dari sisi jumlah buku, satu buku di Indonesia dibaca oleh 15 ribu orang. Padahal menurut UNESCO, satu buku harusnya dibaca untuk dua orang.
 
"Untuk itu bazar buku Big Bad Wolf akan terus berjuang dalam menyediakan akses agar masyarakat dapat memperoleh buku bacaan yang baik, sehingga minat baca masyarakat di Indonesia akan terus meningkat," ungkap Uli di Beka Resto, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa, 19 Februari 2019.
 
Senior Vice President Transaction Banking Business Development BCA I Ketut Alam Wangsawijaya menambahkan pihaknya bakal memberi kemudahan bagi para pengunjung dengan memberikan program-program serta keuntungan-keuntungan. Di antaranya memberikan cash back, reward BCA, cicilan 0 persen, dan paket harga khusus untuk nasabah BCA.
 
"Selain itu, BCA juga telah menyiapkan layanan transaksi yang lebih seamless dan beragam penawaran menarik, sehingga pengalaman berbelanja di bazar buku Big Bad Wolf 2019 menjadi lebih mudah dan menyenangkan," ungkap Ketut.
 
Pada tahun ini, Bazar Buku Big Bad Wolf akan menghadirkan 'Buku Ajaib Little Hippo'. Buku ini menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) yang merupakan terobosan baru dalam menjadikan cerita dan pembelajaran lebih interaktif serta mengembangkan imajinasi anak-anak.
 
Bazar Buku Big Bad Wolf 2019 juga akan menghadirkan program 'Red Readerhood'. Program tersebut mengajak para pengunjung yang hadir untuk mendonasikan buku-buku yang mereka beli kepada masyarakat Indonesia yang membutuhkan.
 
Program Red Readerhood ini akan mendonasikan buku-buku tersebut kepada Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI POLRI (FKPPI). Diharapkan buku donasi itu dapat memajukan pendidikan dan semangat baru bagi anak usia dini Indonesia untuk lebih gemar membaca.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi