Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri. (FOTO: Medcom.id/Nia Deviyana)
Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri. (FOTO: Medcom.id/Nia Deviyana)

30 Perusahaan Buka Kesempatan Kerja bagi Penyandang Disabilitas

Ekonomi penyandang disabilitas kemenaker berita kemenaker
Nia Deviyana • 22 Maret 2019 18:03
Jakarta: Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Hanif Dhakiri mengatakan Talent Fest dan Bursa Kerja Nasional 2019 turut membuka kesempatan kerja bagi difabel. Hal ini menerapkan implementasi dari Undang-Undang No 8 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas.
 
"Ada 30 perusahaan yang membuka lowongan kerja untuk penyandang disabilitas," ujar Hanif di Ji-Expo Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat, 23 Maret 2019.
 
Sebagai apresiasi, Hanif memberikan penghargaan kepada 10 perusahaan terbaik yang memperkerjakan kaum difabel.Di acara Talent Fest, Hanif meminta pengunjung menyaksikan produk-produk hasil pemberdayaan tenaga kerja mandiri yang dilakukan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terhadap masyarakat desa maupun kota. Program ini telah dilakukan sejak 2015. Dia berharap, kehadiran tenaga kerja mandiri dapat memberikan inspirasi kepada pencari kerja.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena istilah kerja itu sendiri tidak hanya bekerja di perusahaan, tetapi termasuk berkarya, mendirikan startup, dan industri kreatif lainnya," tambah Hanif.
 
Talent Fest dan Bursa Kerja Nasional selama dua hari, yakni 22-23 Maret 2019. Selain tidak dipungut biaya, pencari kerja tidak perlu membawa daftar riwayat hidup atau CV (Curriculum Vitae) ke acara.
 
Sebelum datang, peserta bisa mendaftar di laman e-bursakwrja.kemnaker.go.id. Peserta kemudian mendapatkan QR Code untuk akses masuk lokasi dan mengunduh CV.
 
"Gelombang digitalisasi menuntut banyak hal fumdamental secara dramatis. Dalam dunia ketenagakerjaan, mendaftar sudah dilakukan secara online," tutur Hanif, yang menargetkan ada 15 ribu pencari kerja datang ke acara ini.
 
Talent Fest dan Bursa Kerja Nasional 2019 mengambil tema Connect Your Potentials to The Future Possibilities. Program ini menyediakan 18.148 lowongan kerja meliputi 1.242 jabatan dari 157 perusahaan, dari berbagai sektor.
 
Adapun acara ini dibagi dalam beberapa kegiatan, yakni Bursa Kerja Nasional, merupakan pameran yang menghadirkan lowongan pekerjaan di perusahaan dan industri formal. Kemudian Talent Connect yang membuka ekosistem pencari kerja sektor non formal, meliputi Talents Mapping, Human Resource Platform, Softskill Education Platform, Jobseeker Startup, dan Business Card Festival.
 
Lalu Apprenticeship Program, merupakan pameran yang menampilkan program perusahaan yang membuka peluang magang di dalam dan luar negeri.
 
Selain itu ada Business Card Festival, merupakan instalasi kartu nama berbagai talenta dengan profesi yang berbeda agar pengunjung dapat saling terkoneksi dan bertukar kartu nama, sehingga melahirkan potensi kolaborasi antar disiplin.
 
Terakhir, program ini juga menghadirkan workshop untuk melatih cara membuat CV yang menarik, desain portofolio, dan skill berbicara dalam wawancara kerja.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif