Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek. Medcom/Dian IS.
Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek. Medcom/Dian IS.

Bantah Prabowo, Menkes: Dokter Lebih Sejahtera Ketimbang Juru Parkir

Ekonomi prabowo Pendidikan Kedokteran
Eko Nordiansyah • 15 Januari 2019 20:53
Jakarta: Menteri Kesehatan (Menkes) Nila Moeloek menyebut sebagian dari profesi dokter sudah sejahtera. Apalagi menurut dia, dokter merupakan pekerjaan yang mengandalkan keahlian sehingga pendapatannya akan diperhitungkan.
 
"Kita fair ya lihat, kita tuh punya keahlian, kan saya bisa praktik. Atau saya bekerja di rumah sakit, banyak sih kemungkinannya karena dia skill, dia punya keahlian tersendiri," kata dia ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta Pusat, Selasa, 15 Januari 2019.
 
Pernyataan Menkes ini menanggapi pernyataan calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto. Menurut Prabowo sebagian dokter memiliki gaji yang lebih kecil dibandingkan dengan juru parkir.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nila menjelaskan, pekerjaan sebagai dokter berbeda dengan pekerjaan kantoran. Menurut dia, dokter bisa mendapatkan tambahan penghasilan dengan membuka praktik, atau dokter spesialis akan memiliki pendapatan yang lebih besar.
 
"Kalau saya spesial, ikut kerja yang spesialis di daerah Rp30 juta dari Kemenkes doang. Belum dari kabupaten, pemerintah daerah (pemda), belum dia praktik," jelas dia.
 
Dirinya menambahkan, dokter yang tergabung dalam program Nusantara Sehat memiliki gaji sekitar Rp11 juta. Maka tak heran, Nila menyebut, pendapatan gaji dokter yang besar berdampak pada sumbangannya kepada pajak yang juga besar.
 
"Dokter itu selain gaji dia bisa praktik, di tiga tempat lagi. Wah banyak kolega saya yang gajinya besar, kalau lihat dari pajaknya besar-besar. Umumnya dokter sejahtera kalau menurut saya ya," pungkasnya.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif