Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: Medcom.id/Kautsar)
Menteri Keuangan Sri Mulyani. (FOTO: Medcom.id/Kautsar)

Menkeu Akan Resmikan Jembatan Wear Arafura

Ekonomi jembatan peresmian jembatan
09 Januari 2019 11:58
Ambon: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bakal meresmikan Jembatan Wear Arafura yang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) guna menghubungkan Pulau Yamdena dan Pulau Larat, Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB), pada 10 Januari 2019.
 
Kadis PUPR Maluku Ismael Usemahu membenarkan kegiatan peresmian jembatan yang dibangun sejak Desember 2016 itu dengan panjang 323 meter.
 
"Kami memanfaatkan kunjungan kerja Menkeu di Maluku pada 9-11 Januari 2019, yang didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono," ujarnya, ketika dikonfirmasi Antara, di Ambon, Maluku, Rabu, 9 Januari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ismael mengakui Jembatan Wear Arafura dijadwalkan diresmikan Presiden Joko Widodo pada akhir 2018. Namun, karena padatnya kegiatan Kepala Negara sehingga ditangguhkan dan peresmiannya oleh Menteri Keuangan.
 
"Jembatan Wear Arafura sudah waktunya diresmikan karena masyarakat mendesak agar segera dimanfaatkan mengingat strategis untuk pergi maupun pulang dari Saumlaki, ibu kota Kabupaten MTB dalam rangka urusan pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan sosial," jelasnya.
 
Ismael mengemukakan Kementerian PUPR membangun Jembatan Wear Arafura yang berada di kawasan perbatasan dan pulau-pulau terdepan Indonesia karena letak geografis dekat dengan Australia.
 
Meski menjadi bagian dari Provinsi Maluku, namun letak kedua pulau tersebut berada di Tenggara Kota Ambon sebagai bagian dari pulau-pulau terdepan Nusantara, berbatasan dengan Australia yang dipisahkan Laut Arafura.
 
Kementerian PUPR membangun Jembatan Waer Arafura bertujuan juga mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat yang ada di sekitar kawasan pembangunan dekat perbatasan dengan Australia.
 
"Dengan semakin lancarnya konektivitas di kawasan perbatasan dan pulau terdepan Indonesia, maka akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi, serta memeratakan hasil-hasil pembangunan," ujar Ismael.
 
Pembangunan Jembatan Wear Arafura dengan anggaran Rp123 miliar dan dikerjakan kontraktor PT Nindya Karya. Sri Mulyani yang dijadwalkan tiba di Ambon pada Rabu siang, akan meresmikan Dermaga TNI-AL di desa Tawiri, Kecamatan Teluk Ambon, dan revitalisasi kawasan Pantai Wainitu, Kecamatan Nusaniwe.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif