Ilustrasi. (FOTO: MI/Panca Syurkani)
Ilustrasi. (FOTO: MI/Panca Syurkani)

Operasi Pasar Menstabilkan Harga

Ekonomi pangan operasi pasar
13 Mei 2019 06:48
Banyumas: Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Banyumas, Jawa Tengah (Jateng), menggelontorkan enam ton bawang putih ke empat pasar. Harga yang ditawarkan sebesar Rp29 ribu per kilogram (kg).
 
Dengan adanya operasi pasar (OP) tersebut, diharapkan harga bawang putih terus menurun.
 
Kepala Seksi Informasi dan Promosi Dagang Disperindag Banyumas Endang Puji Untari mengatakan, pihaknya mendapat pasokan bawang impor sebanyak enam ton.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hari ini, dari enam ton dan langsung kami distribusikan ke empat pasar, yakni Pasar Ajibarang, Pasar Wage, Pasir Manis, dan Pasar Sokaraja," ungkapnya, Minggu, 12 Mei 2019.
 
Dia melanjutkan, pasokan ke pasar ada yang dijatah 1,75 ton, 1,5 ton, dan 1,25 ton. "Kami membagi secara proporsional," imbuhnya.
 
Endang menjelaskan, pihaknya sengaja menggelontor bawang putih untuk mengupayakan penurunan harga di pasaran.
 
"Sekarang, harga bawang putih di pasaran berkisar antara Rp47 ribu hingga Rp56 ribu per kg. Sudah mulai turun dari sebelumnya Rp70 ribu per kg. Dengan adanya OP bawang putih, nantinya diharapkan harga terus menurun hingga normal di bawah Rp35 ribu per kg," urainya.
 
OP di Banyumas menyasar para pedagang kecil. Karena itu, Disperindag memilih empat pasar tersebut. Pasalnya, keempat pasar itu merupakan tempat bagi para pedagang kecil membeli barang untuk dijual kembali.
 
Sementara itu, meski sudah turun, harga bawang putih di Palembang masih cukup tinggi, yakni berkisar di Rp50 ribu per kg. Padahal, harga bawang putih di Sumatra Selatan (Sumsel) sempat naik signifikan, yakni tembus Rp100 ribu per kg.
 
Seperti di pasar KM 5 dan Sekip, harga bawang putih berkisar di harga Rp50 ribu hingga Rp60 ribu per kg. Kepala Dinas Perdagangan Kota Palembang, Hardayani, mengatakan, beberapa waktu lalu, Dinas Perdagangan Sumsel dan Kementerian sudah melalukan operasi pasar dengan menjual bawang putih dengan harga Rp22.500 yang hanya boleh dibeli pedagang minimal satu karung.
 
"Kemarin, kita kebagian 20 ton dan telah disebar ke pasar-pasar di kota Palembang, tapi sekarang sudah kehabisan stok dan akan didatangkan lagi," terangnya.
 
Ia mengaku telah mengecek langsung harga bawang putih di pasar yang saat ini berada di level Rp50 ribu per kg. Sebagai informasi, Palembang masih belum bisa menerapkan harga bawang sesuai HET di angka Rp30 ribuan.
 
"Kemarin saya sempat ke pasar Tebet, Jakarta. Harga bawang putih di sana Rp80 ribu per kg. Sekarang, kalau di Palembang, sudah Rp50 ribu per kg."
 
Meski begitu, dia mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir karena sebentar lagi bawang putih dan bawang merah di Brebes akan panen. (Media Indonesia)
 

(AHL)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif