Petani menunjukkan buah kakao (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)
Petani menunjukkan buah kakao (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Kakao Masih Jadi Komoditas Primadona Sulteng

Ekonomi kakao
13 Desember 2016 10:42
medcom.id, Palu: Kepala Dinas Perkebunan Sulawesi Tengah (Sulteng) Nahyun Biantong menegaskan bahwa kakao masih merupakan komoditas primadona untuk dikembangkan bersama oleh pemerintah dan masyarakat di daerah itu.
 
"Hingga kini komoditi perkebunan tersebut masih merupakan sumber penghasilan terbesar para petani di Provinsi Sulteng," kata Nahyun, seperti dikutip dari Antara, di Palu, Selasa (13/12/2016).
 
Petani di Sulteng, kata dia, selama ini banyak mengandalkan kakao sebagai penompang hidup keluarga mereka. Semua kabupaten di daerah ini rata-rata memiliki areal perkebunan kakao yang cukup luas. Luas areal tanaman kakao di Provinsi Sulteng saat ini tercatat 289.274 hektare dengan hasil produksi mencapai 158.278 ton per tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan sekitar 60 ribu ton dari total produksi kakao petani Sulteng berasal dari Kabupaten Parigi Moutong (Parimo). Selain  kakao, juga kopi, cengkih dan kelapa sawit menjadi komoditi unggulan Sulteng.
 
Baca: Kontribusi Kakao Jatim ke Nasional Hanya 32 Ribu Ton/Tahun
 
Nahyun menambahkan ketika terjadi krisis moneter 1998, kakao menjadi sumber penghasilan terbesar bagi petani di seluruh wilayah Sulteng. Saat krismon berlangsung, justru petani kakao tetap tersenyum karena harganya di pasaran luar maupun dalam negeri, termasuk di Kota Palu, Ibu Kota Provinsi Sulteng tiba-tiba langsung melonjak tajam.
 
"Pada waktu itu, harga kakao di pasaran lokal normalnya Rp12.000 per kg. Tetapi ketika krismon, harganya langsung melonjak tajam mencapai di atas Rp30.000 per kg," tuturnya.
 
Kenaikan harga yang sangat drastis tersebut membuat banyak petani Sulteng tiba-tiba menjadi kaya. Banyak petani yang langsung membeli kendaraan mobil dan membangun rumah dari hasil penjualan kakao.
 
Baca: Kemenperin Dorong Hilirisasi Industri Olahan Kakao
 
Kadis Perindustrian dan Perdagangan Sulteng Abubakar Alamahdali mengatakan, Sulteng saat ini menjadi daerah penghasil kakao terbesar di Indonesia. "Dahulu penghasil kakao terbesar adalah Sulsel. Tetapi sekarang ini justru Sulteng penghasil kakao terbesar di Tanah Air," pungkasnya.
 
 
 
(ABD)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif