Ilustrasi Pelindo III. Foto: dok Pelindo III.
Ilustrasi Pelindo III. Foto: dok Pelindo III.

Adopsi Teknologi, Pelindo III Percepat Sandar dan Labuh Kapal

Ekonomi pelindo
Husen Miftahudin • 03 Februari 2020 18:12
Jakarta: PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III terus meningkatkan layanan kapal secara optimal kepada para para pengguna jasanya. Salah satunya dalam kemudahan koordinasi hingga efisiensi waktu dan biaya operasional bongkar muat di pelabuhan.
 
Operator pelabuhan yang menaungi 43 pelabuhan di tujuh provinsi itu melakukan penyempurnaan pelayanan dengan dukungan teknologi melalui aplikasi pelayanan sandar dan labuh kapal bernama VASA. Sehingga, pelayanan kapal yang mengakomodir pencatatan perencanaan, realisasi, dan administrasi pelayanan kapal secara cepat dan tepat dapat dilakukan sesuai dengan standar prosedur operasi.
 
Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan peluncuran aplikasi VASA untuk membuat standardisasi proses layanan kapal seluruh pelabuhan di wilayah kerja Pelindo III, sehingga proses perencanaan sandar kapal yang akan disusun oleh pengguna jasa lebih mudah. Hal ini berdampak langsung pada efisiensi waktu dan biaya proses sandar hingga bongkar muat kapal.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak hanya itu, aplikasi ini juga menyediakan berbagai layanan seperti planner modul yang berfungsi untuk menyimulasikan bagaimana planner (khususnya tambatan) dapat melakukan perencanaan ploting tambatan dan penjadwalan kapal yang akan digantikan serta Real Time Monitoring untuk melakukan kontrol secara langsung kegiatan dengan data real time yang ada di dalam VASA.
 
"Aplikasi VASA sudah terintegrasi langsung dengan layanan TOS barang dan petikemas serta portal customer punya kita yang telah beroperasi sebelumnya sehingga memudahkan pengguna jasa kita bisa melakukan perencanaan atau Planner panjang masa tambat kapal. Selain itu VASA juga telah diintegrasikan dengan SAP laporan bisa dibuat dengan cepat dan bisa tercapai one day billing," jelas Doso Agung, dalam keterangan tertulisnya, Senin, 3 Februari 2020.
 
"Yang juga memberi manfaat, aplikasi ini terkoneksi dengan AIS sehingga kita bisa mendeteksi kapal yang ada di area pelabuhan," tambah Doso Agung.
 
PT Anugerah Pasific Jaya, salah satu pengguna jasa Pelindo III yang menggunakan VASA dalam kegiatan pelayarannya mengatakan, aplikasi VASA memudahkan pihaknya dalam mengatur dan merencanakan proses tambatan dan sandar hingga bongkar muat. Apalagi dengan VASA hampir sebagian proses pengajuan sandar bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja hanya melalui ponsel.
 
"VASA lebih memudahkan kita sebagai pengguna jasa di Pelindo III, semua rencana dan monitoring kegiatan sandar dan bongkar muat bisa kita lakukan di mana saja dan cukup menggunakan smartphone. Ini membuat lebih efisien dari sisi waktu dan tenaga kami. Selain itu, koordinasi juga lebih mudah karena semua dilakukan menggunakan sistem,” kata Sulton, pegawai PT Anugerah Pasific Jaya.
 
Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan jika segala inovasi teknologi yang dilakukan Pelindo III merupakan bagian dari upaya perusahaan agar terus relevan pada perkembangan teknologi industri 4.0 yang menuntut segala macam pelayanan serba cepat, efisien, fleksibel, dan berbasis teknologi.
 
Selain itu, layanan ini juga merupakan bukti kesiapan Pelindo III membangun sistem pelayanan dengan baik dan memiliki database yang mumpuni sehingga siap menjadi terdepan dalam pelayanan di bidang operasi kepelabuhanan di Indonesia.

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif