Mari Elka Pangestu. Foto: Medcom.id/Suci Sedya Utami.
Mari Elka Pangestu. Foto: Medcom.id/Suci Sedya Utami.

Tugas Mari Elka Pangestu di Bank Dunia

Ekonomi bank dunia Indonesia Millennial Summit
Gervin Nathaniel Purba • 17 Januari 2020 13:33
Jakarta: Penanganan kemiskinan dan mendorong pembangunan berkelanjutan di setiap negara menjadi fokus masalah yang ditangani Bank Dunia secara keseluruhan. Indonesia termasuk dalam salah satunya.
 
Hal ini menjadi tugas yang akan dilaksanakan oleh Mari Elka Pangestu setelah ditunjuk menjabat sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan, dan Kemitraan Pembangunan Bank Dunia. Mari Elka Pangestu baru resmi menjabat pada 1 Maret 2020.
 
"Menjabat sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan, dan Kemitraan Pembangunan Bank Dunia berarti kita mengerjakan visi misi Bank Dunia secara keseluruhan," ujar Mari, ditemui di The Tribrata, Jalan Darmawangsa, Jakarta, Jumat, 17 Januari 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mari juga berkomitmen untuk membawa berbagai isu di Indonesia yang berkaitan dengan pembangunan berkelanjutan untuk bisa ditangani oleh Bank Dunia. Visi misi Bank Dunia ingin semua pembangunan dapat dinikmati oleh setiap negara.
 
Dia mencontohkan, saat ini Bank Dunia sedianya memberikan pinjaman dengan syarat yang menerima pinjaman harus memenuhi konsep sustainable development. Hal ini berkaitan dengan pemberdayaan lingkungan yang menjadi perhatian Bank Dunia.
 
"Dengan pinjaman tersebut, mereka harus memberikan dampak positif kepada salah satu sustainable development goals. Termasuk climate change, environment, dan seterusnya. Tapi juga harus berdampak ke kemiskinan," katanya.
 
Saat ini, Standard Chartered Bank, private investment, dan equity investment telah menerapkan kebijakan serupa. Mereka tidak mau mendanai suatu proyek jika masih menggunakan energi fosil, minyak bumi, dan batu bara.
 
"Ini sudah menjadi tren dunia ke depannya," ucap Mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif 2011-2014 itu.
 
Presiden Bank Dunia David Malpass menunjuk Mari Elka Pangesu sebagai Direktur Pelaksana, Kebijakan, dan Kemitraan Pembangunan Bank Dunia. Penunjukannya diumumkan pada Kamis, 9 Januari 2020 waktu Amerika Serikat (AS).
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif