Pedagang kantong plastik (Foto:Antara Nova Wahyudi)
Pedagang kantong plastik (Foto:Antara Nova Wahyudi)

Penerapan Cukai sebagai Langkah Pengendalian Penggunaan Plastik

Ekonomi berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 10 Juli 2019 18:27
Jakarta: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengusulkan tarif cukai kantong plastik di Indonesia sebesar Rp30 ribu per kilogram (kg). Diperkirakan cukai plastik akan dipatok biaya Rp450 - Rp 500 per lembar.
 
Sri Mulyani menjelaskan ini sebagai upaya pengendalian penggunaan kantong plastik. Sebab, Indonesia menghasilkan 9,85 miliar lembar sampah kantong plastik per tahun.
 
Wacana itu pun menuai pro dan kontra. Kemenperin menyatakan tegas menolak karena akan dampak terhadap ekonomi signifikan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menanggapi wacana cukai plastik, Anggota Komisi XI DPR RI Eva Kusuma Sundari melihat bahwa wacana penerapan cukai plastik tidak hanya sekadar sebagai upaya menambah penerimaan negara. Menurutnya, langkah tersebut juga sebagai bentuk pengendalian produksi dan penggunaan plastik.
 
"Mengingat Indonesia menjadi penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia," kata Eva, dikutip Dpr.go.id, Rabu, 10 Juli 2019.
 
Politikus PDI Perjuangan itu berharap, penerapan cukai plastik dapat mengubah perilaku masyarakat dalam mengurangi sampah plastik. Sebab, permasalahan lingkungan menjadi perhatian dunia.
 
"Sampah plastik ini masalah marwah juga dan tanggung jawab kita ketika RKP dan RPJMN sudah berpihak pada persoalan lingkungan hidup, tapi terus enggak ada bukti,. Itu kan lucu," katanya.
 
Eva menyebutkan, wacana penerapan cukai plastik masih dalam proses pembahasan. Belum diketahui jenis plastik yang akan dikenai cukai.
 
"Itu ranahnya menteri, namun Komisi XI tetap akan memantau tindak lanjut cukai plastik ini," ujar Eva.
 
Mumpung masih wacana, Eva mengingatkan agar pemerintah bijak dalam merancang aturan tersebut. Dia tidak ingin tarif cukai plastik sepenuhnya dibebankan kepada konsumen.

 

(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif