Illustrasi. Dok : MI.
Illustrasi. Dok : MI.

Suku Bunga Penjaminan LPS Berpotensi Turun

Ekonomi lps
Eko Nordiansyah • 23 Mei 2019 20:49
Jakarta: Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menilai ada peluang untuk menurunkan tingkat bunga penjaminan pada periode yang akan datang. Penurunan ini tak lepas karena rata-rata bunga simpanan sampai dengan Mei 2019 ini sudah berada di level 6,04 persen.
 
Anggota Dewan Komisioner LPS Destry Damayanti mengatakan pergerakan suku bunga simpanan mulai stabil dalam beberapa bulan terakhir. Hal ini karena penyesuaian dari suku bunga acuan Bank Indonesia (BI) sudah normal.
 
"LPS memperkirakan perkembangan posiitif di perbankan akan mengubah tingkat bunga penjaminan ke depannya. Jadi akan ada penurunan LPS Rate seiring dengan kebijakan moneter yang lebih akomodatif,” kata dia di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta Pusat, Kamis, 23 Mei 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dirinya menambahkan, langkah bank untuk meningkatkan imbal hasil dari dana masyarakat yang disimpan akan berakhir tahun ini. Terlebih suku bunga simpanan mulai mengalami penurunan dalam dua bulan terakhir ini.
 
Menurut dia, rata-rata bunga deposito rupiah dari bank benchmark LPS pada April 2019 mencapai 6,14 persen, turun tiga bps dari posisi akhir Maret 2019. Tak hanya itu, suku bunga minimum maupun maksimum juga mengalami penurunan meskipun bunga deposito valas naik.
 
"Demikian pula suku bunga minimum yang turun satu bps ke posisi 5,02 persen dan suku bunga maksimum yang turun lima bps ke posisi 7,25 persen. Pada periode yang sama bunga deposito valas cenderung naik secara terbatas," jelas dia.
 
Saat ini tingkat bunga simpanan penjaminan rupiah di bank umum tetap tujuh persen dan di BPR sebesar sembilan persen. Sementara tingkat bunga pinjaman valas di bank umum tetap 2,25 persen.
 
Keputusan LPS mempertahankan bunga penjaminan dikarenakan tren suku bunga simpanan di bank yang mulai stabil. Adapun tingkat bunga penjaminan tersebut berlaku untuk periode 15 Mei 2019 sampai dengan 25 September 2019.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif