Ilustrasi. (FOTO: MI/Ramdani)
Ilustrasi. (FOTO: MI/Ramdani)

NTB Didorong Jadi Pusat Industri Sumber Daya Pangan

Ekonomi pangan swasembada pangan
Intan Yunelia • 15 April 2019 08:12
Bima: Potensi sumber daya pangan di Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai dari ternak hingga pertanian begitu tinggi. Oleh karena itu pemerintah mendorong NTB untuk berinovasi menjadi industri sumber daya pangan.
 
"Kita menginginkan NTB menjadi daerah industri maju dan berbasis sumber daya pangan yang ada di daerah kita ini butuh tenaga kerja," kata Anggota Komisi VII DPR RI Kurtubi kepada Medcom.id, usai Pertemuan Perguruan Tinggi se-Kota dan Kabupaten Bima di Kantor Bupati Bima, NTB, Minggu, 14 April 2019.
 
Dengan kekayaan sumber daya pangan yang melimpah, NTB diproyeksikan menjadi daerah industri maju di sektor industri pangan. Memenuhi target itu, perlu ada persiapan sumber daya mumpuni salah satunya dengan berdirinya politeknik yang mengkhususkan konsentrasi di sektor ini.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Politeknik yang fokus konsentrasi pada sumber daya pangan, akan menghasilkan inovasi-inovasi. Ini menjadi nilai tambah produk komoditas di NTB bukan saja mengekspor pangan dalam bentuk bahan mentah.
 
"Saya sedang memperjuangkan ada pusat teknologi baru di luar Jawa di NTB dan khususnya Pulau Sumbawa," ujarnya.
 
Sebagai contoh, Sumbawa sebagai salah satu sentra penghasil sapi lokal. Ke depan bagaimana ada teknologi yang bisa meningkatkan hasil ternak sapi. Jumlah sapi berlipat ganda sehingga kebutuhan daging sapi dalam negeri bisa terpenuhi tanpa ketergantungan impor.
 
Bukan saja menghasilkan produk daging sapi, tapi bagaimana ke depan di NTB ada industri olahan daging sapi. Seperti olahan-olahan kuliner lokal NTB dan nusantara yang berbahan dasar daging sapi.
 
"Serta mendorong terciptanya industri yang memanfaatkan daging sapi. Ini jauh ke depan ya bukan satu atau dua tahun ini," pungkasnya.
 

(AHL)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif