Illustrasi. Dok : AFP.
Illustrasi. Dok : AFP.

Harga Tiket Naik, Permintaan Tiket Pesawat di Traveloka Turun

Ekonomi Tarif Tiket Pesawat
Nia Deviyana • 14 Mei 2019 21:22
Jakarta: Platform penyedia layanan pemesanan tiket online Traveloka mencatat ada penurunan penggunaan moda transportasi pesawat terbang pada kuartal I-2019. Sebaliknya, terjadi peningkatan penggunaan transportasi bus sebanyak 30 persen dan kereta api sebesar 300 persen.
 
Head of Growth Management Transportation Product Traveloka Iko Putera mengatakan kenaikan harga tiket pesawat beberapa waktu lalu menjadi salah satu faktor yang menyebabkan penurunan permintaan terhadap penggunaan moda pesawat terbang.
 
"Kita lihat ada banyak faktor (terjadinya shifting). Salah satunya dipengaruhi harga tiket pesawat yang naik," ujar Iko saat mengisi diskusi di Hotel Century Park, Jakarta Pusat, Selasa, 14 Mei 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Faktor lain, lanjut Iko, disokong infrastruktur yang semakin baik. "Misal untuk rute Jakarta-Jawa dengan bus mengalami peningkatan karena sudah tidak terlalu macet, jalannya sudah enak," imbuhnya.
 
Terkait penurunan permintaan pesawat di kuartal I-2019, Iko menuturkan terjadi pada penerbangan domestik.
 
"Domestik kuartal pertama jika dibandingkan data BPS merefleksikan market. Traveloka mengalami penurunan. Saya tidak bisa share tapi memang ada (penurunan)" jelasnya.
 
Kendati demikian, untuk mudik tahun ini Iko memprediksi pemesanan tiket pesawat terbang berpotensi mengalami peningkatan. Dia mengatakan masa peak season dalam pemesanan tiket pesawat terbang adalah pada H-15 lebaran serta kebijakan pemerintah menurunkan tarif batas atas (TBA) pada maskapai full service nasional.
 
"Kalau untuk mudik saya lihat masih ada, demand masih meningkat. Dari sisi search, orang masih lihat-lihat, masih berharap beli tiket pesawat. Selain itu secara historical kalau ada penurunan harga tiket, demand pasti meningkat " pungkasnya.
 

(SAW)
MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif