Ilustrasi. Foto : MI/RAMDANI.
Ilustrasi. Foto : MI/RAMDANI.

Dorong Investasi dan Ekspor, Pemda Bisa Raih Insentif Rp103 Miliar

Ekonomi Dana Kelurahan
Eko Nordiansyah • 11 September 2019 20:46
Jakarta: Pemerintah menyiapkan anggaran untuk Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp15 triliun. Alokasi dana yang naik dari 2019 sebesar Rp10 triliun ini disiapkan salah satunya untuk daerah yang mendorong peningkatan investasi dan ekspor.
 
Direktur Jenderal Perimbangan Keuangan Kemenkeu Astera Primanto Bhakti mengatakan, daerah harus memenuhi kriteria umum yakni opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), penetapan Perda APBD tepat waktu, dan penggunaan e-government.
 
"Syarat yang baru adalah peningkatan ekspor dan investasi, karena ini merupakan salah satu alasan kami meningkatkan anggaran DID," kata Prima ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu, 11 September 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain peningkatan ekspor dan investasi, ada kategori kinerja lain bagi daerah yang mendapat insentif. Kategori kinerja terdiri dari kesehatan fiskal dan pengelolaan keuangan daerah, pelayanan dasar publik bidang pendidikan, pelayanan dasar publik bidang kesehatan, pelayanan dasar publik bidang infrastruktur, kesejahteraan masyarakat, pelayanan umum pemerintahan, dan pengelolaan sampah.
 
"Penilaian untuk sembilan kategori kinerja dilakukan secara terpisah, berbeda dengan tahun sebelumnya saat kami menggabungkan seluruh kriteria tersebut," jelas dia.
 
Prima merinci, ada 416 pemerintah daerah (pemda) yang diproyeksikan mendapatkan DID pada 2020. Mereka akan mendapatkan insentif minimal Rp7,72 miliar dan maksimal hingga Rp103,94 miliar, dengan rata-rata perolehan DID sebesar Rp35,83 miliar.
 
Sejak 2015, anggaran DID selalu meningkat dari Rp1,7 triliun menjadi Rp5 triliun di 2016, Rp7,5 triliun di 2017, Rp8,5 triliun di 2018. Peningkatan anggaran diharapkan mendorong kinerja pemerintah daerah dalam mencapai tata kelola keuangan, pelayanan umum pemerintahan, pelayanan dasar publik, dan kesejahteraan masyarakat yang lebih baik.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif