"Hal ini seiring dengan meningkatnya konsumsi pribadi kelas menengah dan daya beli yang kuat, sehingga kami memprediksikan pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia secara konsisten masing-masing sebesar 5,1 persen pada 2019 dan 5,2 persen pada 2020," kata Enrico, seperti dikutip dari Antara, di Jakarta, Kamis, 29 Agustus 2019.
Ia mengatakan saat ini fundamental Indonesia yang kuat adalah mencakup ekspor bersih, investasi, dan konsumsi pribadi. Sementara pendorong pertumbuhan ekonomi utama masih tetap bertumpu pada konsumsi pribadi, yang mencapai lebih dari 50 persen PDB Indonesia.
Pertumbuhan ini, kata dia, akan dimotori oleh meningkatnya pengaruh dan kemampuan belanja kaum milenial, serta berbagai solusi yang diciptakan oleh berbagai perusahaan untuk melayani kebutuhan digital dan preferensi konsumsi generasi milenial yang semakin besar.
"Meningkatnya tingkat pendapatan dan kemampuan belanja kaum milenial juga diyakini dapat membantu mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia," tukasnya.
Berdasarkan data Riset Ekonomi UOB Indonesia tentang tingkat pendapatan berbagai segmentasi populasi antara 2010 hingga 2019, pendapatan riil kaum milenial tumbuh sebesar 8,6 persen per tahun secara tingkat pertumbuhan bertahap. Angka itu lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan pendapatan antara tiga hingga lima persen pada kelompok demografi lainnya,
"Kaum milenial Indonesia dewasa ini menghabiskan hingga 50 persen pendapatannya pada ‘Gaya Hidup 4S’, yaitu sugar (makanan dan minuman), skin (perawatan tubuh dan kecantikan), sun (liburan dan hiburan), dan screen (konsumsi layar digital)," katanya.
Selain konsumsi kaum milenial, kata dia, UMKM juga merupakan kontributor utama pertumbuhan ekonomi Indonesia, dan saat ini menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia yang memainkan peran penting dalam menciptakan lapangan kerja, mendorong ekspor dan berkontribusi pada pertumbuhan PDB.
"Agar UMKM dapat terus memberikan kontribusi besar pada perekonomian, mereka harus mampu mengoptimalkan bisnis untuk pertumbuhan dan ekspansi usaha. Digitalisasi akan membantu mereka untuk mencapai tujuan tersebut dan menjadikan bisnis tetap kompetitif," pungkasnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News