Ilustrasi. FOTO: Medcom.id
Ilustrasi. FOTO: Medcom.id

Properti Lesu Bikin NPF Pool Advista Finance Tinggi

Ekonomi emiten multifinance
Annisa ayu artanti • 03 Januari 2020 15:54
Jakarta: PT Pool Advista Finance Tbk (POLA) mencatat kredit macet atau Non Performing Finance (NPF) masih tinggi yakni di atas level enam persen. Tercatat pada September 2019, NPF POLA mencapai 7,12 persen. Kemudian pada Desember 2019 hanya turun sedikit menjadi 6,71 persen.
 
Direktur Pool Advista Finance Arfianto Wibowo mengatakan masih tingginya NPF tersebut disebabkan kinerja sektor properti dan jasa yang lesu belakangan ini. "NPF di September cukup tinggi 7,12 persen disebabkan properti dan jasa," kata Arfianto, di Gedung BEI, Jakarta, Jumat, 3 Januari 2020.
 
Dia menjelaskan hingga September 2019 perusahaan banyak memberikan pembiayaan ke pengembang yang bersifat bridging financing atau pembiayaan jangka pendek. Namun di periode itu dana untuk rumah subsidi sempat habis sehingga pengembang kesulitan mendapat pendanaan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Saat kondisi itu, pembiayaan yang disalurkan oleh POLA tergantikan oleh perbankan. "Masalahnya, kami saat ini banyak membiayai untuk pengembang yang membangun rumah subsidi. Kemarin, dana subsidinya habis, jadi pengembang terkendala mendapatkan pendanaan eksekusi rumahnya," jelas dia.
 
Sedangkan terkait faktor jasa yang menjadi pemicu NPF naik, Arfianto menuturkan peningkatan NPF terjadi karena pembiayaan jasa ke rumah sakit tersendat masalah pada okupansi dan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.
 
"Ini sedang kami lakukan pendekatan, apakah mau lanjut (pembiayaan), atau kita diskusi jaminannya," tukas dia.
 
Namun demikian, Direktur POLA Raden Ari Priyadi menambahkan, NPF POLA telah mengalami perbaikan menjadi 6,71 persen per Desember 2019. "Desember 2020 kami menargetkan NPF ada di posisi 3,77 persen. Jadi kami terus melakukan perbaikan-perbaikan untuk NPF," pungkas Ari.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif