Ilustrasi. Foto: Medcom.id.
Ilustrasi. Foto: Medcom.id.

Memanfaatkan Peluang Bisnis Online dari Sosial Media

Ekonomi dunia usaha tips keuangan
Ade Hapsari Lestarini • 06 Januari 2020 08:51
Jakarta: Sosial media memiliki banyak manfaat. Mulai dari memudahkan komunikasi sampai dengan ladang usaha. Jika jeli, banyak sekali peluang yang bisa diambil dari sosial media. Mulai dari mencari uang dari Facebook sampai dengan Instagram, semuanya bisa dimanfaatkan untuk meraup rupiah.
 
Mudahnya lagi, bisnis online melalui media sosial bisa dilakukan di mana saja termasuk rumah. Berikut ini ada beberapa rekomendasi bisnis online lewat sosial media yang bisa dikerjakan di rumah, seperti dirangkum Medcom.id, Minggu, 5 Januari 2020.

Online Shop

Meskipun sudah bertebaran marketplace yang menawarkan wadah untuk menjual barang, memiliki sosial media sendiri sangat bagus untuk marketing online shop. Terutama jika followers atau pengikut sudah cukup banyak. Tidak hanya itu saja, tentu perlu didukung dengan barang yang berkualitas dan harga yang bersaing. Bisa memasarkan barang lewat Facebook, Instagram, atau bahkan Twitter sekalipun. Gunakan semua kemungkinan yang ada.
 
Banyak keuntungan yang akan didapatkan dari usaha online shop. Misalnya saja tidak perlu toko fisik sehingga menghemat modal. Selain itu barang yang ditawarkan juga begitu beragam. Mulai dari fashion item, alat elektronik, tanaman, dan banyak lagi yang lainnya.

Jasa Titip

Pilihan lainnya yang bisa jadi peluang adalah usaha jasa titip. Dengan bermodal gawai dan internet yang cepat, bisnis ini cukup menjanjikan. Promosi yang bisa dilakukan salah satunya dengan memanfaatkan Instagram. Banyak yang mengoptimalkan penggunaan hashtag dalam Instagram untuk membuat jasa titip jadi makin diminati. Ditambah dengan berbagai testimoni yang meyakinkan, perlahan-lahan akan banyak pelanggan yang berdatangan. Target pasarnya banyak, mulai dari peminat sepatu, tas, baju, skincare, sampai dengan barang-barang si buah hati.

Dropshipper dan Reseller

Dropshipper dan reseller memang hampir mirip namun memiliki cara kerja yang berbeda. Dropshipper adalah menawarkan barang ke konsumen terlebih dahulu, jika nanti mendapatkan order baru minta ke supplier. Sementara reseller adalah membeli barang terlebih dahulu dari supplier kemudian menjualnya kembali ke konsumen.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua jenis usaha ini bisa dilakukan secara online dan memiliki profit yang cukup menggiurkan. Dengan modal internet atau paket data, barang atau produk, serta promosi di media sosial, kedua bisnis ini memiliki peluang yang bagus.

Content Writer

Peluang bisnis online yang bisa dikerjakan di rumah lainnya adalah content writer atau penulis konten. Tidak banyak modal untuk melakukan bisnis ini. Dari pekerjaan ini, keuntungan yang bisa didapatkan cukup menggiurkan. Terutama bagi mereka yang rajin dan cekatan tentunya.
 
Bisa memasarkan jasa penulisan ini di media sosial atau bisa mencari di berbagai website freelance. Banyak sekali yang membutuhkan jasa content writer, mulai dari perusahaan besar sampai dengan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) yang memiliki blog ataupun website.

Jasa Terjemahan

Jika memiliki skill yang mumpuni dalam dunia terjemah, bisa sekali untuk ladang bisnis. Belakangan memang banyak perusahaan ataupun lembaga yang memerlukan dokumen-dokumen dengan bahasa asing. Bisa dalam bentuk proposal, dokumen, naskah, dan lain-lain. Tentunya hal ini bisa menjadi peluang tersendiri untuk menambah penghasilan meskipun tidak pernah meninggalkan rumah. Cara promosinya bisa memanfaatkan sosial media tentunya. Jika ingin lebih terkenal dan terlihat profesional, website juga perlu dibuat.

Admin Sosial Media

Dunia digital marketing berkembang begitu pesat. Lapangan pekerjaan baru juga bermunculan, seperti hanya admin sosial media. Pekerjaan yang bisa dilakukan di mana saja, kantor, kafe, atau rumah sekalipun. Dengan bermodal kata-kata yang disusun sedemikian rupa, kerap kali admin sosial media berhasil menyihir banyak orang. Tugas seorang admin sosial media ini beragam, mulai dari membuat editorial plan, scheduling post, memperhatikan tren yang sedang berkembang sampai dengan monitoring akun sosial media jika ada pertanyaan, keluhan, atau pun juga saran.
 
Banyak keuntungan yang akan di dapatkan jika melakukan bisnis online di rumah. Mulai dari mendapatkan pemasukan, efisiensi waktu dengan keluarga dan tidak perlu merasakan macetnya jalanan di jam-jam padat seperti berangkat atau pulang kantor. Apapun bisnis yang dipilih, semuanya berada di tangan masing-masing. Tentunya perlu dipikir matang-matang keuntungan dan kerugiannya juga.
 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif