Ilustrasi. Foto: MI/Dwi Apriani
Ilustrasi. Foto: MI/Dwi Apriani

Masih Ada Penumpang Asal Tiongkok Masuk RI Sejak Ada Larangan

Ekonomi Virus Korona kementerian keuangan tiongkok bea cukai
Eko Nordiansyah • 03 Maret 2020 21:17
Jakarta: Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan menyebutkan, masih ada penumpang asal Tiongkok yang masuk ke Indonesia. Padahal pemerintah telah mengeluarkan larangan untuk penerbangan dari ataupun menuju Tiongkok sebagai akibat penyebaran virus korona.
 
"Mungkin transit. Bisa juga pesawat lain yang melalui Singapura atau Timor Leste, atau transit juga bisa," kata Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Ditjen Bea dan Cukai Kemenkeu Syarif Hidayat di Gedung Kemenkeu, Jakarta Pusat, Selasa, 3 Maret 2020.
 
Sebelumnya, pemerintah memutuskan bahwa penerbangan langsung dari dan menuju Tiongkok ditunda sementara sejak Rabu, 5 Februari 2020, pukul 00.00 WIB. Semua pendatang yang tiba dari Tiongkok untuk sementara tidak diizinkan masuk dan transit di Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Data Bea Cukai mencatat pada 5 Februari 2020 ada 550 penumpang asal Tiongkok yang masuk ke Indonesia. Jumlahnya kemudian turun menjadi 258 penumpang sehari setelahnya, dan tiga penumpang asal Tiongkok masuk ke wilayah Indonesia pada 8 Februari 2020.
 
Syarif menambahkan, jumlah penumpang dari Tiongkok yang masuk ke Indonesia meningkat saat perayaan Tahun Baru Imlek pada 25 Januari 2020. Jumlahnya ada 7.792 penumpang yang masuk ke Indonesia pada periode tersebut. Setelahnya jumlah penumpang dari Tingkok terus menurun.
 
"Jumlah penumpang sekali lagi, memang ada penurunan. Kalau mau bandingin itu pick-nya biasanya kan di saat Imlek, bukan year on year. Imlek tahun lalu ada di 5 Februari, penurunannya cukup signifikan juga," jelas dia.
 
Bukan hanya Tiongkok, penumpang dari negara lain juga turun sejak penyebaran virus korona. Pada 5 Februari 2020, ada 64.757 penumpang, lalu turun menjadi 60.811 penumpang di 11 Februari lalu.
 
(DEV)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif