Presiden Joko Widodo meresmikan operasional moda raya terpadu atau Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta tahap pertama. MI/Susanto.
Presiden Joko Widodo meresmikan operasional moda raya terpadu atau Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta tahap pertama. MI/Susanto.

Resmikan MRT, Jokowi Minta Fase Kedua Langsung Dibangun

Ekonomi Proyek MRT
Suci Sedya Utami • 24 Maret 2019 11:19
Jakarta: Presiden Joko Widodo meresmikan operasional moda raya terpadu atau Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta tahap pertama Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia (HI). Jokowi pun langsung menginstruksikan pembangunan tahap kedua segera dikerjakan.
 
Jokowi mengatakan telah memerintahkan Gubernur Jakarta Anies Baswedan untuk mulai pengerjaan konstruksi fase kedua Bundaran HI-Kampung Bandan. Jokowi bahkan ingin agar bisa dimulai hari ini juga.
 
"Kita canangkan fase kedua tahun ini, saya perintahkan gubernur untuk mulai fase timur. Setuju enggak?" kata Jokowi dalam peresmian tersebut di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu, 24 Maret 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


MRT fase 1 ini akan membentang sepanjang sekitar 16 kilometer dari Lebak Bulus hingga Bundaran HI. Rinciannya, 10 kilometer jalur layang dan enam kilometer jalur bawah tanah.
 
Di jalur layang akan tersedia tujuh stasiun, yaitu Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M, dan Sisingamangaraja. Sedangkan jalur bawah tanah, akan dibangun enam stasiun bawah tanah, meliputi Senayan, Istora, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, dan Bundaran Hotel Indonesia. Jarak antar stasiun akan bervariasi, mulai dari 0,8 kilometer hingga 2,2 kilometer.
 
Rencananya, MRT Jakarta akan mulai beroperasi pada pukul 05.30 hingga 22.30 WIB. Setelah fase 1 ini, proyek MRT akan berlanjut ke fase 2 dengan rute dari Bundaran HI hingga Jakarta Kota. Pada rute ini akan dilengkapi delapan stasiun yang meliputi stasiun Sarinah, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok, Kota, dan Kampung Bandan.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif