UMKM. MI/Adam Dwi.
UMKM. MI/Adam Dwi.

Kurangnya Akses Permodalan, Kendala Utama Majunya UMKM

Ekonomi umkm
Nia Deviyana • 17 Januari 2019 19:48
Jakarta: Deputi Akses Permodalan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Fadjar Hutomo menilai akses permodalan masih menjadi kendala utama bagi majunya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).
 
"Persoalan yang sering dihadapi UMKM terutama di sektor ekonomi kreatif adalah akses permodalan. Kendala lain, terkait pemasaran," ujar Fadjar dalam acara Fintax Fair yang berlangsung di Menara Mandiri, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Kamis, 17 Januari 2019.
 
Fadjar menuturkan masih banyak pelaku UMKM yang sulit mendapatkan permodalan dari bank karena dianggap tidak memiliki rekam jejak di industri keuangan. Di sisi lain, mereka juga tidak memiliki jaminan yang bisa meyakinkan bank untuk menyalurkan pinjaman.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan survei International Financial Corporation (IFC) World Bank 2015, total aset keseluruhan yang dimiliki UMKM di Indonesia 45 persennya berbentuk barang bergerak, 33 persen berbentuk piutang, sementara hanya 22 persen yang berbentuk fixed assets seperti tanah atau bangunan.
 
"Sementara lembaga keuangan di Indonesia dalam menyalurkan kredit, 73 persen mensyaratkan harus ada jaminan dalam bentuk fixed assets," paparnya.
 
Menurut Fadjar, kemajuan di era digital seharusnya bisa membantu pengusaha UMKM dalam memperoleh akses permodalan.
 
Dalam hal ini, ketaatan membayar pajak yang terekam dalam NPWP seharusnya bisa dijadikan digital credibility sebagai dasar pemberian pinjaman. Sehingga kemudian ada dua manfaat yang bisa dirasakan, orang menjadi taat membayar pajak, kemudian industri UMKM bisa tumbuh dengan baik.
 
"Sehingga kemudian kalo sekarang orang menghindari pajak, bisa jadi kemudian situasinya berubah ketika NPWP memiliki benefit, yakni menggambarkan kredibilitas anda sehingga bisa memperoleh kredit," pungkasnya.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif