Masih Ada Ruang Perbaiki Kualitas Modal Manusia RI

Suci Sedya Utami 11 Oktober 2018 21:10 WIB
IMF-World Bank
Masih Ada Ruang Perbaiki Kualitas Modal Manusia RI
Menkeu Sri Mulyani. MI/Erlangga.
Nusa Dua: Pemerintah menyambut baik peringkat dan skor Indonesia dalam indeks modal manusia (human capital index/HCI) yang dikeluakan oleh Bank Dunia. Indonesia mendapat skor 0,53 dan menempati posisi 87 dari 157 negara dalam indeks tersebut.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengapresiasi upaya Bank Dunia menjadikan Indonesa sebagai negara yang menjadi perhatian. Termasuk sebagai negara early adaptor dari HCI yang baru.

“Human capital index yang diluncurkan Bank Dunia menjadi sangat penting, dan kami menyatakan siap bekerja sama karena Indonesia memiliki pengalaman berharga dalam investasi human capital," kata Ani sapaan akrabnya dalam forum Human Capital Summit, di Bali, Kamis, 11 Oktober 2018.

Ani mengatakan berbagai hal memang menjadi perhatian khusus pemerintah dalam meningkatkan kualitas modal manusia. Di antaranya memperbaiki kualitas pendidikan, kesehatan dan generasi milenial.

Dalam menangani permasalahan modal manunia Indonesia telah mengalokasikan 20 persen anggaran untuk pendidikan. Pemerintah juga memberikan perhatian besar pada pendidikan vokasi untuk menghadapi revolusi industri 4.0.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan Suahasil Nazara mengatakan sebagai negara sekawasan Indonesia masih berada di bawah Singapura. Negeri Singa tersebut menempati posisi pertama.

"Artinya masih ada ruang untuk memperbaiki berbagai macam dimensi human capital di Indonesia. Namun posisi Indonesia cukup konsisten dengan pendapatan per kapitanya," jelas Suahasil.



(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id