Empat Tahun Jokowi-JK

Menhub Pamer Bangun 16 Bandara di Papua Barat

Husen Miftahudin 24 Oktober 2018 13:05 WIB
4 Tahun Pemerintahan Jokowi-JK
Menhub Pamer Bangun 16 Bandara di Papua Barat
Menteri Perhubungan Budi Karya. (FOTO: Medcom.id/Sonya)
Jakarta: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pamer keberhasilan membangun dan mengembangkan 16 bandara di Papua Barat selama empat tahun kepemimpinannya. Saat ini, terdapat 48 bandara yang beroperasi di seluruh Papua.

Adapun ke-16 bandara tersebut ialah Bandara Rendani, Bandar Deo-Sorong, Bandara Marinda-Waisai, Bandara Torea-Fak Fak, Bandara Bintuni, Bandara Kaimana, Bandara Wasior, Bandara Inanwatan, Bandara Teminabuan, Bandara Kambuaya, Bandara Ayawasi, Bandara Merdey, Bandara Babo, Bandara Kebar, Bandara Segun, dan Bandara Werur.

Menurut Budi, pengembangan dan pembangunan bandara di Papua merupakan upaya Kemenhub untuk menciptakan Indonesia Sentris. Papua jadi salah satu pusat pembangunan Indonesia Sentris agar disparitas harga di Bumi Cenderawasih tersebut bisa ditekan.

"Papua adalah salah satu pusat yang diperhatikan, karena nyatanya banyak disparitas harga di sana. Di antaranya karena terbatas dan tidak lengkapnya angkutan ke Papua. Ini secara langsung harus diselesaikan," ujar Budi dalam konferensi pers di Kementerian Sekretariat Negara, Jalan Veteran III, Jakarta Pusat, Rabu, 24 Oktober 2018.

Dia bilang, pembangunan bandara di Papua mengalokasikan 40 persen anggaran Perhubungan Udara, Kemenhub. Salah satunya ialah pembangunan Bandara Nop Goliat Dekai yang melayani Kota Dekai, ibu kota Kabupaten Yahukimo, Papua.

"Tercatat kita membangun Bandara Nop Goliat Dekai dengan anggaran lebih dari Rp500 miliar untuk menggantikan Bandara Wamena. Sehingga, pesawat apapun dapat masuk ke bandara itu dan logistik pun langsung bisa didistribusikan," bebernya.

Budi mengungkapkan, pembangunan bandara di Papua harus disegerakan agar konektivitas dan suplai logistik berjalan dengan baik. "Fokus pembangunan pada safety dan aksesibilitas," pungkas Budi.

 



(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id