Darmin Ingin Bangkitkan Produk Kayu Indonesia

Eko Nordiansyah 26 November 2018 14:42 WIB
kayu
Darmin Ingin Bangkitkan Produk Kayu Indonesia
Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution dalam Munas APKINDO - - Foto: Medcom.id/ Eko Nordiansyah
Jakarta: Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution ingin membangkitkan produk kayu Indonesia. Sebab, Indonesia berpotensi menjadi eksportir produk kayu dengan sumber dayanya yang melimpah.

Hal ini disampaikan Darmin saat memberikan pidato kunci dalam Musyawarah Nasional (Munas) Asosiasi Panel Kayu Indonesia (APKINDO) di Hotel Four Season, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta, Senin 26 November 2018. Munas akan berlangsung selama dua hari sampai besok, 27 November 2018

"Jadi saya datang memang mau memberi semangat, membei dukungan, ayo kita hidupkan lagi. Memang dan kita terus terang perlu sekali tidak hanya produksi tapi ekspor," ungkap Darmin.

Jika Indonesia hanya bergantung pada produksi yang ada saat ini maka selamanya negara akan terus melakukan impor seperti pada sektor minyak dan gas (migas).

"Saya agak selalu menyesali, dengan hal hal yang terjadi di masa lalu. Kita dulu negra surplus migas, sekarang kita naik impornya. Waktu puluhan tahun lalu, sebagai negara penghasil minyak justru kita tidak mengembangkan kilang," jelas dia.

Karenanya, pemerintah mengembangkan Hutan Tanaman Industri (HTI) sebagai sumber bahan baku bagi industri kayu lapis. Meski begitu, pemerintah juga tetap menggunakan bahan baku yang ada berasal dari hutan alam produksi, hutan rakyat dan perkebunan.

"Pertama kita tentu saja ingin supaya, jangan kemudian menambah juga, hal-hal yang menjadi perdebatan lebih baik dikembangkan melalui HTI. Jadi nanti, tanam sendiri. Ya kalau tebangin kayu di hutan ribut lagi. Memang persoalan HTI itu masih ada yang harus kita selesaikan, tapi nanti kita selesaikan," pungkasnya.







(Des)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id