Wakil Ketua Umum MES DKI Jakarta Syariah Safri Haliding. (FOTO: Dokumentasi MES DKI Jakarta)
Wakil Ketua Umum MES DKI Jakarta Syariah Safri Haliding. (FOTO: Dokumentasi MES DKI Jakarta)

Membangun Industri Halal di Indonesia

Ekonomi sertifikasi halal wisata halal Masyarakat Ekonomi Syariah Sertifikat Halal
Ade Hapsari Lestarini • 22 Maret 2018 17:40
Jakarta: Jakarta diharapkan bisa menjadi barometer industri halal Tanah Air. Jakarta diusung sebagai pusat industri halal karena dukungan kebijakan dari pemerintah setempat sangat penting dalam mencapai potensi industri halal.
 
Demikian disampaikan Wakil Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) DKI Jakarta merangkap Pengamat Industri Ekonomi & Keuangan Syariah Safri Haliding dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Kamis, 22 Maret 2018.
 
Safri menuturkan Kota Tua dan Kepulauan Seribu memiliki potensi sebagai destinasi wisata halal di Ibu Kota. Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta pun diharapkan terus membangun zona dan kawasan halal di Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini dalam rangka mempercepat pertumbuhan industri halal dengan memberikan kemudahan bagi pelaku usaha industri halal dalam mencari lokasi, sarana dan prasarana industri halal," tambah dia.
 
Membangun Industri Halal di Indonesia
Sumber: Masyarakat Ekonomi Syariah
 
Kemudian memberikan fasilitas supply chain halal dan menunjukkan show case produk dan jasa halal di setiap zona dan kawasan halal Jakarta dan aktif mempromosikannya untuk meningkatkan wisatawan dalam negeri dan manca negara.
 
Selain itu, langkah yang bisa dilakukan Pemprov DKI Jakarta dengan memberikan fasilitas bagi zona dan kawasan industri halal berupa insentif pajak yang menarik, memberikan pelayanan yang terpadu dan terintegrasi untuk produk, bahan baku impor dan ekspor industri halal, membantu fasilitas proses sertifikasi produk halal bagi industri yang berada pada zona dan kawasan halal.
 
Sementara itu, tambah dia, apabila DKI Jakarta ingin agar industri halal Jakarta dapat bergerak cepat pelayanannya dan terintegrasi maka dapat membentuk Badan atau Lembaga Industri Halal DKI yang khusus menangani percepatan DKI Jakarta menjadi Pusat Industri Halal Dunia.
 
"Sekaligus sebagai dukungan penuh Pemprov terhadap Keuangan Syariah sebagaimana industri halal merupakan turunan dari keuangan syariah," jelas dia.
 
Nantinya, badan halal ini bertugas sebagai center of help desk industri halal serta melakukan koordinasi ke berbagai stakeholders, kementerian, lembaga dan semua pihak sehingga industri halal tidak hanya diartikan dalam arti sempit hanya dalam proses sertifikasi halal.
 
"Namun ini menjadi sebuah peluang arus ekonomi baru dan diharapkan dapat menjadi sumber alternatif untuk pertumbuhan ekonomi dalam negeri," pungkasnya.
 
 
 
(AHL)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif