Chief Marketing Officer & Co-Founder Tiket.com Gaery Undarsa (kiri) (Foto: Medcom.id/Nia Deviyana)
Chief Marketing Officer & Co-Founder Tiket.com Gaery Undarsa (kiri) (Foto: Medcom.id/Nia Deviyana)

Tiket Pesawat Naik, Ada Penumpang ke Surabaya Lewat Kuala Lumpur

Ekonomi pesawat penerbangan Tarif Tiket Pesawat
Nia Deviyana • 21 Mei 2019 06:32
Jakarta: Chief Marketing Officer & Co-Founder Tiket.com Gaery Undarsa menuturkan ada beberapa cara unik yang dilakukan masyarakat dari dampak naiknya harga tiket pesawat beberapa waktu lalu. Dia mencontohkan ada orang dengan tujuan bepergian ke Surabaya, lantaran tiket mahal pada akhirnya memilih penerbangan dengan rute Jakarta-Kuala Lumpur-Surabaya.
 
"Jadi lucu juga. Jakarta-Surabaya harganya saat itu bisa Rp2,5 juta, kalau lewat Kuala Lumpur jadi cuma Rp2 juta," ujar Gaery, usai berbuka puasa dengan media di Waha Kitchen, Jakarta Pusat, Selasa, 20 Mei 2019.
 
Namun, lanjut Gaery, tidak banyak masyarakat yang memilih cara tersebut karena membutuhkan waktu perjalanan yang lebih lama. "Ada, tapi enggak terlalu banyak," imbuhnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Gaery mengatakan meski harga tiket melonjak cukup signifikan, permintaan tiket penerbangan domestik masih mendominasi yakni sebesar 85 persen. Sementara, penjualan tiket pesawat pada kuartal I-2019 meningkat sebanyak 2,5 kali lipat dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.
 
"Jadi walaupun mahal, kita bertumbuh 2,5 kali lipat. Untuk hotel lebih ekstrem lagi, kita bertumbuh sampai tiga kali lipat. Begitu juga dengan kereta naik 50 persen," tuturnya.
 
Peningkatan juga terjadi selama momen Ramadan di mana pemesanan tiket kereta api untuk mudik 2019 meningkat hingga 52 persen dibandingkan periode mudik tahun lalu. Kenaikan ini sejalan dengan prediksi dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bahwa arus mudik di jalur darat akan meningkat sekitar 30 persen pada Idulfitri 2019.
 
Sedangkan pemesanan tiket pesawat terbang di Tiket.com naik sebanyak 150 persen dibandingkan dengan periode mudik 2018. Begitu juga dengan pemesanan hotel meningkat 200 persen dibandingkan dengan pemesanan pada musim mudik 2018.
 
"Selain untuk akomodasi selama di kampung halaman, banyak pelanggan Tiket.com yang memesan hotel untuk keperluan libur Lebaran di destinasi tertentu. Hingga saat ini, tercatat destinasi yang paling banyak dipesan adalah Medan, diikuti Surabaya, dan Bali," pungkasnya.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif