Seorang perajin menyelesaikan pembuatan kain tenun songket (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)
Seorang perajin menyelesaikan pembuatan kain tenun songket (ANTARA FOTO/Nova Wahyudi)

Perajin Tenun Gamplong Bidik Peluang di Sektor MICE

Ekonomi ukm kain tenun umkm tenun tradisional
28 Juni 2017 18:35
medcom.id, Sleman: Perajin tenun di Desa Wisata Gamplong, Sumberrahayu, Moyudan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), membidik peluang di sektor wisata meeting, incentive, convention, dan exhibition (MICE).
 
"Beragam kerajinan produk tenun khas Gamplong banyak diminati instansi-instansi untuk menjadi suvenir pada seminar-seminar," kata Ketua Pengelola Desa Wisata Gamplong Waludin, seperti dikutip dari Antara, di Sleman, Rabu 28 Juni 2017.
 
Menurut dia, kerajinan tenun yang banyak dipesan dalam kegiatan MICE salah satunya adalah tas tenun. "Dalam sebulan sedikitnya rata-rata mendapatkan pesanan 200 tas tenun. Bahkan, bila sedang ramai pesanan bisa mencapai 500 buah dengan harga sekitar Rp65.000 hingga Rp100.000 per buah," tuturnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menyebutkan, selain dari wilayah DIY, pemesanan juga banyak datang dari Pangkal Pinang, Solo, Purwokerto, Medan, dan kota-kota besar lainnya. Tentu kondisi ini diharapkan bisa terus membaik dan nantinya bisa mendukung ekonomi di daerah setempat.
 
"Biasanya, pemesanan datang melalui dari mulut ke mulut dari satu konsumen ke konsumen lain. Pemesan dari luar daerah biasanya tahu setelah melihat label yang tertera. Biasanya pada bagian tas saya sertakan nomor kontak," ujarnya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman Sudarningsih menyatakan, pihaknya mendukung setiap langkah yang dilakukan perajin untuk mengembangkan usahanya. Pemerintah daerah setempat siap memberikan dukungan.
 
"Kami terus berupaya mempromosikan produk-produk kerajinan Sleman melalui berbagai media dan jalur pemasaran. Harapannya produk itu bisa lebih dikenal dan berujung pada peningkatan perekonomiaan masyarakat," pungkasnya.
 

(ABD)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif