NEWSTICKER
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Foto : MI/ Irfan.
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah. Foto : MI/ Irfan.

Pemerintah Buat Aturan Khusus Upah untuk Industri Padat Karya

Ekonomi insentif fiskal Padat Karya
Eko Nordiansyah • 24 Februari 2020 21:54
Jakarta: Pemerintah akan membuat aturan khusus soal upah untuk industri padat karya. Nantinya payung hukum dalam bentuk Peraturan Pemerintah (PP) ini akan mengatur formula penetapan upah bagi para pekerja di industri padat karya.
 
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menjelaskan aturan upah ini diharapkan bisa menjaga keberlangsungan industri padat karya. Di sisi pekerja, pemerintah ingin mengakomodasi angkatan kerja lowskill namun berharap industri padat karya menyerap lebih banyak lagi tenaga kerja.
 
"Di satu sisi banyak industri padat karya yang gulung tikar. Meskipun begitu kita tetap berfikir bagaimana upah yang kita atur itu mengakomodir perlindungan sosialnya," kata Ida ditemui di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Senin, 24 Februari 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ida enggan berandai-andai apakah nantinya upah di industri padat karya akan lebih rendah daripada upah minimum provinsi (UMP). Namun yang pasti pemerintah akan mengatur seluruh aspek yang berkaitan dengan industri padat karya maupun tenaga kerjanya.
 
"Kita belum bicara pada PP, kita mesti mendata dulu, industri padat karya berapa yang tidak mampu, tidak bisa digebyah uyah semuanya tidak mampu. Nanti akan diatur lewat PP," jelas dia.
 
Meski begitu, pemerintah akan melihat secara menyeluruh dari berbagai sisi baik industri maupun pekerjanya. Untuk itu, Kementerian Ketenagakerjaan akan berkoordinasi dengan Kementerian Perindustrian serta stakeholder terkait lainnya.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif