Menurut Direktur Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag Sulistyawati, para desainer tak lagi hanya mampu untuk menciptakan koleksi desain yang unik dan berkualitas tinggi. Tetapi juga mampu serap kebutuhan pasar fesyen internasional.
"Dari sisi pemasaaran, produk fesyen Indonesia diharapkan mampu menyerap kebutuhan pasar internasional lebih besar lagi," ujarnya saat ditemui di Senayan City, Jakarta Pusat, Senin (3/11/2014).
Kementerian Perdagangan sendiri berupaya untuk menentukan strategi promosi efektif untuk dapat memenuhi permintaan dan menciptakan pasar baru, terutama ke pasar internasional.
Lebih jauh, Sulistyawati menjelaskan bahwa Fashionlink tahun ini menampilkan 74 booth karya desainer lokal dan sembilan booth desainer internasional. "Kalau dibanding tahun lalu, Fashionlink kali ini meningkat hampir 100 persen. Tahun lalu hanya 46 booth desainer yang ditampilkan," tuturnya.
Sementara itu, jelasnya, ekspor fesyen Indonesia dari tahun 2009-2013 mengalami tren positif dengan raihan pertumbuhan rerata 10,59 persen setiap tahunnya. Sedangkan nilai ekspor fesyen selama semester I-2014 mencapai USD8,47 miliar atau naik sebesar 17,30 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.
Produk fesyen Indonesia yang mendominasi pasar ekspor terdiri dari produk pakaian jadi dengan nilai sebesar USD4,65 miliar (54,88%); alas kaki USD2,36 miliar (27,85%); perhiasan USD1,46 miliar (17,26%); dan arloji USD1,43 juta (0,02%). Sedangkan, yang menjadi negara tujuan ekspor utama antara lain Amerika Serikat, Jepang, Afrika Selatan, Jerman, dan Uni Emirat Arab.
Melihat peluang pasar yang begitu besar, Sulistyawati mengimbau para pelaku usaha produk fesyen untuk dapat memanfaatkan setiap peluang. "Saya berharap mereka mampu manfaatkan peluang, menciptakan manajemen yang efektif, tren dan inovasi baru, serta pengembangan merek sebagai identitas produk," pungkasnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News
Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id