Ilustrasi. MI/Panca Syurkani
Ilustrasi. MI/Panca Syurkani

AP II: Lion Air Telah Kembalikan Dana Talangan AP II Rp526,89 Juta

Dian Ihsan Siregar • 22 Februari 2015 16:20
medcom.id, Jakarta: Perusahaan penerbangan Lion Air telah mengembalikan dana talangan dari PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) sebesar Rp526,89 juta untuk membayar pengembalian (refund) tiket penumpang yang dikarenakan terjadi keterlambatan dan pembatalan penerbangan Lion Air sejak 18-20 Februari 2015.
 
"Dana sebesar Rp526,89 juta telah dikembalikan Lion Air kepada AP II pada hari ini. Dana talangan yang kami siapkan mencapai Rp4 miliar," ujar Direktur Utama AP II Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulisnya, Minggu (22/2/2015).
 
Dia menjelaskan, dana talangan yang disiapkan AP II bertujuan untuk mencegah terjadinyaa eskalasi tindakan anarkis dari penumpang yang jumlahnya semakin banyak serta mengurangi penumpukan penumpang.

AP II memberi batas waktu kepada pihak Lion Air untuk mengembalikan dana talangan tersebut selama dua minggu. Tapi, lanjut Budi, belum sampai batas waktu yang ditentukan, manajemen Lion Air sudah mengembalikan dana refund tersebut dan langsung dikirim ke rekening AP II.
 
"Jumlah dana Rp526,89 juta untuk membayar refund tiket 548 penumpang, seluruhnya dibayar yang dibuka di Terminal 3 Soekarno-Hatta. Jadi satu penumpang kurang lebih dibayar Rp1 juta. Itu sudah termasuk dana kompensasi Rp300 ribu dan PSC," ungkap dia.
 
Budi menegaskan, langkah tersebut sudah berdasarkan proses yang matang, sehingga tidak melanggar aturan Anggaran Dasar AP II. "Penggunaan dana talangan dilakukan agar tidak memperburuk citra penerbangan yang ada di dalam negeri," tukasnya.
 
Perlu diketahui, telah terjadi keterlambatan dan pembatalan penerbangan Lion Air sejak Rabu (18/2/2015) sore pada pukul 17.00 WIB. Hal itu mengakibatkan terjadinya akumulasi jumlah penumpang di Terminal 1A,1B dan 3.
 
Pada saat itu, tidak ada petugas Lion Air yang bisa menjelaskan situasi yang terjadi, bahkan tidak ada seorang pun petugas Lion Air di counter check in terminal tersebut.
 
Kondisi berlanjut hingga Jumat, 20 Februari 2015, yang mengakibatkan terganggunya kegiatan penerbangan dari maskapai lain yaitu Sriwijaya Air yang berada di Terminal 1B dan AirAsia di Terminal 3, karena penumpang Lion Air telah melakukan pemblokiran jalur operasional pelayanan penumpang serta tertutupnya akses di Terminal 3, sehingga penerbangan dua maskapai terpaksa dipindahkan ke Terminal 2.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(WID)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan