Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. (FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo)
Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro. (FOTO: Medcom.id/Ilham Wibowo)

Asian Games 2018 Sumbang 0,05% ke Ekonomi Nasional

Ekonomi asian games 2018
Ilham wibowo • 16 Oktober 2018 16:14
Jakarta: Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro menyebut penyelenggaraan Asian Games 2018 berdampak signifikan untuk ekonomi negara tuan rumah. Multievent pesta olahraga internasional ini menyumbang 0,05 persen pertumbuhan ekonomi nasional.
 
Pernyataan itu disampaikan Bambang dalam diskusi Forum Merdeka Barat dengan tema"Meneropong Pasca Sebulan Asian Games 2018". Studi big data melibatkan berbagai metode analisis, termasuk survei lapangan dan analisis modelComputable General Equilibrium (CGE) dipaparkan.
 
"Adanya Asian Games membuat pertumbuhan ekonomi nasional diperkirakan meningkat sekitar 0,05 persen dari pertumbuhanbaseline. Ini memberikan dampak yang cukup membantu pertumbuhan ekonomi nasional," ujar Bambang di Ruang Rapat Benny S Muljana Bappenas, Jakarta, Selasa, 16 Oktober 2018.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dampak ekonomi Asian Games mulai dicatat sejak Indonesia ditetapkan sebagai tuan rumah pada 2015. Anggaran sebagian besar dikeluarkan untuk investasi infrastruktur penunjang yang dampaknya bisa dirasakan langsung pada kegiatan perekonomian.
 
"Dilihat secara keseluruhan dampak langsung 2015-2018 sejak mandat tuan rumah, kemudian tiga tahun persiapan sebanyak Rp40,6 triliun, Rp29 triliun paling banyak di investasi infrastruktur, Rp7,8 triliun operasional penyelenggaraan, Rp3,7 triliun pengeluaran wisatawan," ungkapnya.
 
Bambang mengatakan analisa big data ini cukup mendetail mulai dari pemantauan pengunjung Asian Games 2018 menggunakan Mobile Positioning Datahingga analisis dampakkemacetan dengan menggunakangoogle map. Studi kasus menelaah dampak Asian Games terhadap UsahaKecil dan Menengah(UKM) serta analisis kualitatiflainnya juga bisa dilakukan.
 
"Luar biasa hasilnya, kita sudah dapat datanya 45 negara, 40 cabang olahraga, 11.326 atlet, 6.000official, 1,7 juta kunjungan domestik, 11.567volunteer, 7.000 media dan wisatawan mancanegara hampir 80 ribu. Itu data dasarrealyang terakhir kita didapatkan," ungkap Bambang.
 
Hasil ini dianggap lebih tinggi dari perkiraan yang sebelumnya ditargetkan. Menurut Bambang, nilai yang positif bagi pertumbuhan ekonomi nasional ini sejalan dengan prestasi yang disumbangkan para atlet tuan rumah yang bertanding.
 
"Kita tidak sangka dampaknya lebih besar dari pada perkiraan, pada akhirnya kalau pertumbuhan PDB kita 5,2 persen, artinya 0,05 persen itu dari Asian Games," tandasnya.

 

(AHL)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif