Kian Maju, Smesco Dukung Gebyar UKM di 18 Kota
Smesco Indonesia dukung Gebyar UKM Indonesia 2017 di 18 kota besar Indonesia. (FOTO: MTVN/Dian Ihsan)
medcom.id, Jakarta: Eksistensi usaha kecil menengah (UKM) kian berkembang. Bahkan, pelaku usaha pun bergairah memproduksi dan memasarkan produk unggulannya. Sejalan dengan itu, Smesco Indonesia mendukung penyelenggaraan Gebyar UKM Indonesia 2017 yang akan dihelat di 18 kota besar di Indonesia.

Gebyar UKM 2017 di kota Jakarta tersebut dihadiri para tokoh, seperti Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram, Direktur Utama LLP-KUKM Kemenkop dan UKM Emilia Suhaimi, Deputi Pemasaran Kemenkop dan UKM I Wayan Dipta, President of ICSB Indonesia Hermawan Kartajaya, dan juga Chairman Yayasan Dharma Bhakti Astra Henry Widjaja.

Untuk mendukung kemajuan UKM, Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan Usaha kecil Menengah (LLP-KUKM) Kemenkop dan UKM juga akan lebih memperkuat pemasaran produk unggulan dari koperasi dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang menjadi mitra Smesco Indonesia.


"Kami akan terus mendukung UKM yang giat melakukan terobosan demi kemajuan usahanya. Kami juga akan mendukung UKM mitra agar semangat menghasilkan produk unggulan dan berani mempromosikan di pasar global," ujar Dirut LLP-KUKM Kemenkop dan UKM Emilia Suhaimi, ditemui dalam acara pembukaan Gebyar UKM Indonesia 2017 di Gedung SME Tower, SMESCO Indonesia, Jakarta, Selasa 24 Oktober 2017.

Menurut dia, ajang kegiatan tersebut juga merupakan kerja bareng antara Kemenkop dan UKM bersama MarkPlus, Inc, serta International Council for Small Business (ICSB) Indonesia. Tahun ini, mengusung tema Saya Indonesia, Saya UKM, Saya4.0. Acara tersebut digelar di 18 kota, yakni Palembang, Palu, Banjarmasin, Solo, Batam, Semarang, Malang, Jakarta, Pekanbaru, Manado, Lampung, Medan, Bandung, Yogyakarta, Balikpapan, Makassar, Surabaya, dan Denpasar.

"Dengan digelar acara itu, diharapkan UKM Indonesia bisa tampil percaya diri menghadapi persaingan yang semakin kompetitif di tingkat nasional maupun global," ungkap Emilia.

Emilia menjelaskan, UKM yang menjadi peserta di 18 kota tersebut nanti akan dikurasi. Nah, dari hasil kurasi itu, para UKM yang lolos berpeluang menjadi mitra SMESCO Indonesia. Artinya, produk-produk UKM tersebut akan di-display di SMESCO Indonesia yang mengelola Galeri Indonesia WOW dan juga Rumah Desain.

Emilia berharap, kegiatan Gebyar UKM Indonesia tersebut akan menjadi panduan bagi para UKM untuk bisa naik kelas. Lanjut Emilia, UKM naik kelas juga masuk ke salah satu program prioritas dari SMESCO Indonesia. Jadi, para UKM mitra diharapkan segera naik kelas. "Ya, mudah-mudahan program tersebut dapat secara berkesinambungan terwujud," sebut Emilia.

Kegiatan Gebyar UKM 2017 di kota Jakarta, meliputi tiga agenda utama, yakni seminar, kurasi, serta penghargaan ICSB Presidential Award 2017. ICSB Presidential Award merupakan penghargaan bagi para akademisi, pemerintah daerah selaku pembuat kebijakan, dan pelaku bisnis yang memberikan kontribusi berarti pada majunya UKM di wilayahnya.

Gebyar UKM Indonesia 2017 juga menjadi ajang bagi para pelaku UKM untuk unjuk gigi kualitas produknya melalui stan-stan pameran yang disediakan oleh panitia. Selain itu, gebyar UKM 2017 ini menjadi lebih bergengsi dengan bergabungnya Facebook Indonesia yang juga memberikan pembekalan kepada para UKM mengenai bagaimana menggunakan media sosial yang tepat agar bisa membuat bisnis semakin berkembang.



(AHL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360