Presiden ketiga Republik Indonesia BJ Habibie. Foto : MI/Panca.
Presiden ketiga Republik Indonesia BJ Habibie. Foto : MI/Panca.

Menko Luhut: Keteladanan Habibie Patut Dicontoh

Ekonomi Habibie Meninggal Dunia
Eko Nordiansyah • 12 September 2019 14:53
Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menilai Presiden ketiga Republik Indonesia BJ Habibie merupakan sosok yang patut diteladani. Sosok Habibie juga bisa dijadikan contoh bagi siapapun.
 
Menurutnya, Habibie merupakan sosok yang berani tanpa takut kehilangan jabatan. Misalnya saja saat Habibie memutuskan mundur dari pencalonan sebagai presiden pada 1999 usai laporannya pertanggungjawabannya ditolak Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).
 
“Saya kira keteladanan ini patut dicontoh. Beliau berani mengatakan 'saya tidak terus, saya berhenti'," kata dia dalam seminar di Djakarta Theatre, Jakarta Pusat, Kamis, 12 September 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Habibie, kata Luhut, lebih sering membagikan nasihatnya dibandingkan mencampuri urusan orang lain setelah dirinya pensiun. Hal inilah yang menurut Luhut bisa dijadikan contoh dan suri tauladan bagi siapapun.
 
BJ Habibie tutup usia Rabu kemarin pukul 18.05 WIB di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta. Habibie sudah seminggu dirawat. Dia ditangani puluhan tim dokter. Habibie didampingi anak dan cucu saat menghembuskan napas terakhir.
 
Teknorat kelas dunia yang juga Bapak Dirgantara Indonesia ini akan dimakamkan di sebelah makam istrinya yang tercinta, Hasri Ainun Besari atau Ainun Habibie, di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif