Agenda WOW Brand MarkPlus. (FOTO: MTVN/Aulia)
Agenda WOW Brand MarkPlus. (FOTO: MTVN/Aulia)

Rahasia Sebuah Brand Menjadi Hebat ala Bos MarkPlus

Ade Hapsari Lestarini • 04 Maret 2016 18:57
medcom.id, Jakarta: Founder & Chairman MarkPlus, Inc. Hermawan Kartajaya mengungkapkan bagaimana sebuah brand alias merek bisa menjadi hebat dan besar. Apa rahasianya?
 
"Kenapa bisa jadi brand yang bagus? Karena Brand Manager dididik jadi lebih enterpreneur, jadi brand-brand ini enggak besar tapi bisa hebat dengan tidak mengeluarkan banyak uang. Enterpreneurial, produktif, dan kreatif," ungkapnya, dalam siaran persnya, di Jakarta, Jumat (4/3/2016).
 
Menurut dia hal inilah yang menjadi konsep WOW Brand, yang merupakan inspirasi konsep WOW Marketing yang digagas oleh MarkPlus dengan menggelar The 1st WOW Brand Festive Day 2016 bertema "Brand-X Is Human: Are You In?".

Gelaran tersebut diramaikan 300 merek dari berbagai sektor industri di Indonesia yang dinilai berdasarkan hasil survei oleh lembaga riset MarkPlus Insight selama 2015-2016, yang tercatat sukses membuat konsumennya dengan sukarela merekomendasikan merek-merek tersebut.
 
"Kita enggak bikin acara seperti Oscar yang datang dengan dasi kupu-kupu dan jas bagus, acara ini kami buat lebih human serta friendly. Kenapa kami sebut sebagai festive day? Karena inilah harinya para brand kumpul. Semakin direkomendasikan jika brand itu semakin manusia atau menjadi sahabat konsumennya," jelas Hermawan.
 
Dia mengatakan, survei ini dilakukan berdasarkan perhitungan Brand Advocacy Ratio (BAR), BAR adalah metode yang menghitung seberapa besar tingkat advokasi konsumen terhadap sebuah merek. Jika tingkat seorang konsumen untuk merekomendasikan sebuah merek kepada kolega lainnya besar, maka merek tersebut akan memiliki tingkat BAR yang tinggi.
 
WOW Brand Festive Day ini juga mengajak merek-merek di Indonesia, khususnya yang masuk dalam daftar 300 merek dengan BAR terbesar, ikut terlibat dalam kampanye Brand for Good. Yaitu tak hanya menilai sebuah merek dari nilai BAR nya yang tinggi, merek tak hanya peduli pada keuntungan, tapi juga dituntut untuk peduli pada masyarakat dan lingkungan sekitarnya atau bisa disebut dengan 3P (Profit, People, Planet).
 
"Merek yang dapat memenuhi kedua hal ini yaitu nilai BAR yang tinggi dan peduli pada lingkungan sekitarnya tentu saja akan mendapatkan rekomendasi dari konsumennya. Tahapan yang sangat penting untuk masa depan sebuah brand," tuturnya.
 
Tak hanya menjadi ajang kumpul dan inagurasi, kegiatan ini juga membahas Exponential Branding oleh Deputy CEO MarkPlus, Inc. Jacky Mussry dan Founder of GetIT, Inc. Leina Greene, sebuah konsultan bisnis planning dan strategic marketing internasional yang berbasis di Silicon Valley.
 
"WOW Brand Festive Day ini juga digelar untuk membantu para pemasar mengukur brand di era konektivitas, MarkPlus juga telah mengembangkan model WOW Brand Survey," tambah Deputy CEO MarkPlus, Inc, Taufik.
 
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News

Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id
(AHL)


TERKAIT

BERITA LAINNYA

social
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan