Illustrasi. Dok : AFP.
Illustrasi. Dok : AFP.

Penukaran Uang Pecahan Kecil Capai Rp58 Triliun

Ekonomi penukaran uang
Desi Angriani • 24 Mei 2019 08:06
Jakarta: Bank Indonesia (BI) mencatat penukaran uang pecahan kecil (UPK) untuk kebutuhan Idulfitri mencapai Rp58 triliun hingga hari ke-16 Ramadan. Jumlah tersebut setara 20 persen dari total prakiraan kebutuhan uang baru yang sebesar Rp217,1 triliun.
 
"BI memberikan komitmen bahwa kebutuhan uang di masyarakat akan terpenuhi. Perkiraan kami kebutuhan masyarakat Rp217,1 triliun sampai dengan dua hari lalu kurang lebih Rp58 triliun," ungkap Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo saat ditemui di Aula Juanda, Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis, 23 Mei 2019.
 
Dari kebutuhan Rp217,1 triliun, sebanyak Rp197,2 triliun berupa pecahan besar (Rp20 ribu ke atas) dan Rp19,2 triliun merupakan pecahan kecil (Rp20 ribu ke bawah). Berdasarkan wilayah, uang tunai baru yang disebar BI terdiri dari Rp84 triliun untuk wilayah Jawa non Jabodetabek. Kemudian sebanyak Rp51,4 triliun untuk wilayah Jabodetabek.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya jumlah penukaran uang baru tersebut akan meningkat setelah pegawai swasta maupun pegawai negeri menerima Tunjangan Hari Raya (THR)-nya. Saat ini Bank Indonesia maupun kerja sama dengan perbankan menyiapkan 2.751 titik penukaran uang pecahan kecil di seluruh Indonesia.
 
"Mungkin nunggu THR dan akan naik secara cepat. Tapi kami pastikan stok uang kami di pusat dan perkantor cabang kami adalah cukup untuk lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di Ramadan dan Idulfitri," tambahnya.
 
Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menambahkan perbankan sudah menyiapkan berbagai perlengkapan yang dibutuhkan masyarakat untuk pengambilan uang tunai selama libur panjang lebaran
 
"Persiapan Lebaran, bank-bank sudah menyiapkan perangkatnya di antaranya Anjunga Tunai Mandiri (ATM) sudah disiapkan untuk libur panjang keperluan masyarakat dalam uang tunai," katanya.
 

(SAW)

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif